Pasca Gempa, BPBD Mentawai Baru Terima 2 Laporan Kerusakan Serius

Pasca Gempa BPBD Mentawai Baru Terima 2 Laporan Kerusakan Serius Kondisi gereja di Sikautek, Desa Taikako yang rusak berat akibat gempa. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Pasca gempa yang berkekuatan 6.0 Skala Richter yang kuat mengguncang daerah Pagai Utara dan Pagai Selatan pada Sabtu, (2/2/2019), laporan kerusakan serius pada bangunan yang diterima sementara BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai yakni Puskesmas Malakkopa, Pagai Selatan dan rumah ibadah atau gereja di Desa Taikako, Pagai Selatan.

“Tim BPBD sudah turun ke lokasi dan masih berada di lapangan untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pasca gempa, namun laporan yang sudah kita terima ada 2 kerusakan serius pada bangunan yakni Puskesmas Malakkopa, dan salah satu gereja di Desa Taikako,” kata Amir Ahmari, Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Mentawai, Senin (4/2/2019) di kantor BPBD Mentawai di Kilometer 5, Tuapeijat, Sipora Utara.

Untuk data lebih lengkap kata Amir, masih menunggu tim BPBD Mentawai dari lokasi. “Untuk laporan spesifik kita tunggu laporan tim dari lapagan, namun laporan kerusakan yang cukup serius itu bangunan gereja dan Puskemas Malakkopa,” kata Amir pada Senin, (2/2/2019) 

Sementara di wilayah Sipora dan Siberut, tidak ada laporan kerusakan yang diterima BPBD Mentawai, namun imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga.

“Imbauan kita kepada masyarakat tetap waspada dan selalu siaga, jika terjadi gempa segera evakuasi mandiri ke tempat yang lebih tinggi, tidak bisa mejamin dengan informasi dari BKMG, apakah berpotensi tsunami atau tidak karena komunikasi kita masih cukup terkendala, jika terjadi gempa bisa langsung evakuasi mandiri,” kata Amir.

Pasca gempa, BPBD Mentawai tetap berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan atau pun pemerintah desa dan satgas yang ada di setiap kecamatan.

BACA JUGA