Puskesmas Malakkopa Pagai Selatan Rusak Akibat Gempa 6 SR

Puskesmas Malakkopa Pagai Selatan Rusak Akibat Gempa 6 SR Huruf Puskemas Malakkopa jatuh akibat gempa mengguncang Mentawai, menurut laporan sementara bagian dari gedung tersebut juga mengalami kerusakan.

PADANG-Gempa bumi dengan kekuatan 6 SR pada (2/2/2019) pukul 17.59 WIB yang berpusat di laut Pagai dengan kedalaman 18 km diikuti gempa susulan sebanyak 52 kali, mengakibatkan Puskesmas Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat juga mengalami kerusakan.

Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengakibatkan sebagian masyarakat panik. “Masyarakat merespon keluar dari rumah dan mencari tempat aman. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. “Pengamatan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mentawai tidak ada gelombang pasang atau surut di pantai,” katanya, Senin (4/2/2018)

Dampak gempa, tidak ada korban jiwa meninggal dan luka. Kerusakan fisik meliputi 1 unit Puskesmas rusak di Desa Malakopa Kecamatan Pagai Selatan, 1 unit mercusuar yang sudah tidak terpakai roboh, 11 unit rumah rusak ringan, dan 1 unit gereja rusak sedang. “Sebagian masyarakat memilih tinggal di luar rumah karena takut adanya gempa susulan yang lebih besar. Hingga saat ini kondisi masyarakat kondusif dan aman. Masyarakat tetap melakukan aktivitas secara normal,” pungkasnya.

BACA JUGA