Begini Kondisi Gereja GKPM Sikautek yang Rusak Akibat Gempa

Begini Kondisi Gereja GKPM Sikautek yang Rusak Akibat Gempa Camat Sikakap Fransiskus Sakaletuk dan anggota DPRD Mentawai Parsaroan Simanjuntak meninjau GKPM Sikautek yang rusak akibat gempa Sabtu lalu. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

TAIKAKO-Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) Dusun Sikautek, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat mengalami rusak berat akibat gempa kuat yang mengguncang Pagai Utara dan Pagai Selatan pada Sabtu (2/2).

Gereja tersebut memiliki lebar 10 meter dan panjang 21 meter, menara gereja ini roboh setelah gempa 6 SR mengguncang daerah tersebut. "Jemaat GKPM Dusun Sikautek ada 43 Kepala Keluarga (KK). Menara gereja roboh akibat gempa ke empat, dimana gempa tersebut sangat kencang sekali kami rasakan," ujar Penatua gereja GKPM Dusun Sikautek Trisno Sapalakkai (33), Senin (4/2/2019)

Trisno Sapalakkai menyebutkan, sejak gereja rusak sekarang ini jemaat terpaksa kebaktian di tenda yang dibuat oleh jemaat sendiri, tenda tersebut atapnya dari terpal milik salah seorang jemaat.

“Kebaktian kemarin sudah di tenda dan Senin ibu-ibu juga dilakukan di tenda, tenda itu di buat dekat lapangan bola volly. Harapan kami agar pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat membantu secepatnya agar gereja GKPM Sikautek dapat diperbaiki lagi, agar kami kembali lagi beribadah di dalam gereja," katanya.

Camat Sikakap, Fransiskus Sakaletuk menuturkan, gereja GKPM Sikautek termasuk rusak berat. “Menara depan tempat dipasang tanda salib sudah roboh ke tanah, bahkan lantai dan dinding gereja tersebut ada yang retak-retak," katanya.

Anggota DPRD Mentawai Parsoaran Simanjuntak, mengatakan, kedatangannya ke gereja GKPM Sikautek untuk melihat langsung keadaan gereja GKPM Sikautek dari hasil kunjungan gereja GKPM Sikautek mengalami rusak berat. “Untuk itu saya minta kepada pengurus gereja agar dapat mendata kerusakan kereja GKPM dan minta supaya pengurus gereja membuat kembali proposal berapa dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki gereja yang rusak ini,” katanya

BACA JUGA