Wabup Mentawai: Jangan Tunggu Informasi, Segera Evakuasi Diri Saat Gempa Terjadi

Wabup Mentawai Jangan Tunggu Informasi Segera Evakuasi Diri Saat Gempa Terjadi wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT—Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake meminta warga Mentawai segera melakukan evakuasi mandiri ke dataran tinggi saat terjadi gempa terutama jika gempa terasa besar atau durasinya lama untuk mengantisipasi tsunami

“Kita tidak perlu menunggu informasi, lebih baik kita antisipasi, keluar rumah dan lari ke datraan tinggi karena daerah kita ini adalah daerah rawan bencana,” lanjut Kortanius, Senin (4/2/2019). Hal itu dikatakannya merespon gempa yang terjadi secara beruntun di megathrust Mentawai segmen Pagai Sabtu lalu.

Selain itu Kortanius juga meminta masyarakat saling peduli saat bencana dan saling membantu dalam penyelamatan diri. Ia juga meminta masyarakat membangun ketahanan pangan dengan menanam tanaman sumber pangan di ladang atau kebun, sebab jika terjadi bencana masyarakat bisa bertahan dengan adanya makanan yang ditanam, sembari menunggu bantuan dari pemerintah datang.

“Dimana ada kebun kita, kita harus bisa menanam tanaman yang bisa kita makan, misalnya ubi, keladi, pisang dan sebagainya. Orang lain tidak punya makan namun kita ada stok, jadi jangan menanam tanaman satu jenis saja, tetapi macam - macam,” tuturnya.

Terkait dengan beberapa bangunan yang rusak Kortanius menghimbau kepada pihak pemerintah setempat, seperti dusun, desa dan camat untuk menyampaikan informasi menyangkut kondisi masyarakat atau kerusakan bangunan yang terjadi, kepada Pemerintah Kabupaten.

“Kita mengharapkan kepada pemerintah setempat untuk menyampaikan kondisi yang terjadi di daerahnya masing - masing, kita juga berharap kedepannya untuk bangunan itu lebih kokoh lagi, lebih baik lagi, dan jangan asal buat, bangunlah dengan takaran yang sesuai jangan asal bangun, dan juga kita berharap membangun gereja atau fasilitas lainnya lebih banyak kayunya,” kata Kortanius. 

BACA JUGA