Camat Siberut Barat : Pengelola BUMDes yang Tak Mampu Harus Diganti

Camat Siberut Barat  Pengelola BUMDes yang Tak Mampu Harus Diganti Camat Siberut Barat, Jop (Foto :dok.Mentawaikita.com)

SIKABALUAN—Camat Siberut Barat, Jop mengingatkan kepada desa di wilayah Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mengganti pengelola atau pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terdapat pada tiga desa yakni Sigapokna, Simatalu dan Simalegi yang tak mampu mengurus BUMDes. Hal tersebut disampaikan Jop melihat BUMDes belum dapat diharapkan menjadi motor penggerak ekonomi di wilayah tersebut.

Jop meminta kepada desa untuk melakukan evaluasi terhadap BUMDes sebelum melakukan penyertaan modal. "Belum menjadi penggerak ekonomi masyarakat dan kreatif, sementara potensi ekonomi di tengah masyarakat ada," katanya kepada Mentawaikita.com, Jumat (1/2/2019).

Jop menyebutkan, masing-masing desa memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan oleh BUMDes,  namun sejauh ini belum banyak yang diperbuat. Ia melihat kegagalan tersebut disebabkan sumber daya manusia yang mengelola BUMDes masih minim. 

Seperti contoh di Desa Sigapokna, Siberut Barat, Mentawai, selama ini BUMDes mengelola penjualan sembako di tengah masyarakat namun belum mampu berkembang dan bersaing dengan pedagang yang ada di sana. 

"Kita coba arahkan di Lobajau karena ada potensi ekonomi di tingkat nelayan. Misalnya ikan basah dan ikan kering," katanya. 

Menurut Jop, jika BUMDes Sigapokna serius mengelola potensi nelayan yang ada di Lobajau maka BUMDes akan berkembang dan ekonomi masyarakat akan meningkat. Misalnya dari fasilitasi alat tangkap, pembelian ikan hasil tangkapan nelayan, serta es untuk nelayan. 

"Begitu juga dengan BUMDes di Simalegi dalam usaha fotokopi dan BUMDes di Simatalu dalam usaha penjualan minyak. Belum berjalan dan berkembang dengan baik sehingga kalau pengelolanya kita lihat tidak mampu maka harus diganti," katanya. 

BACA JUGA