Pemdes Muntei Minta Anak Muda Gerakkan Ekonomi Desa

Pemdes Muntei Minta Anak Muda Gerakkan Ekonomi Desa Pelaksanaan Festival Pesona Mentawai 2018 di Desa Muntei, Siberut Selatan. (Foto: dokumentasi Mentawaikita.com)

MUNTEI—Kepala Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kepulauan Mentawai, Agustinus Sagari meminta anak-anak muda di wilayahnya menjadi penggerak ekonomi desa, karena desa punya banyak peluang usaha baik itu pertanian, maupun usaha lain yang menguntungkan.

“Khusus di Muntei, belum ada anak-anak mudanya yang mau bergerak fokus di bidang usaha pertanian dan usaha lainnya yang mungkin dianggap sebagai peluang, jika ada satu anak muda yang memulai usaha, otomatis akan ada anak-anak muda lainnya yang mengikuti,” kata Agustinus, Rabu (30/1/2019).

Peluang usaha di Muntei menurut Agustinus cukup banyak seperti di sektor pertanian pinang, pengolahan sagu, pisang dan sebagainya. “Saya melihat banyak anak muda di desa namun pola pikirnya belum bisa menentukan masa depannya, lebih memilih kerja harian dapat uang selesai tanpa memikirkan kehidupan jangka panjang dan memikirkan peluang apa yang akan datang, terkhusus di Muntei tanah masih luas jadi lahan pertanian masih tersedia,” katanya.

Jika sudah ada anak muda yang sukses dan membutuhkan tambahan dana, Pemerintah Desa siap untuk membantu tapi usahanya sudah jelas. “Saya sudah trauma dengan membantu beberapa kelompok seperti di muntei dan Puro pada tahun 2015, Pemerintah Desa pernah membeli mesin untuk pengolahan sagu namun sampai saat ini tidak digunakan dan tidak berhasil, kelompok ayam kampung di Dusun Bekkeiluk, semua ayam mati terserang penyakit, dan masih sedikit lancar ada kelompok kerajinan rotan,” katanya.

 

 

BACA JUGA