Sejumlah Kepala Puskesmas di Mentawai Dimutasi

Sejumlah Kepala Puskesmas di Mentawai Dimutasi Pelantikan pejabat administrator puskesmas dan OPD Mentawai di Tuapeijat. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT—Sejumlah kepala puskesmas di Mentawai dimutasi bersamaan dengan pelantikan puluhan pejabat Puskesmas Mentawai dan Kepala Bidang (Kabid) di Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Poldam) oleh Selda Mentawai, Martinus Dahlan di Tuapeijat, Rabu (30/1/2019).

Mereka yang diganti diantaranya Alam Sukar, Kepala Puskesmas Malakkopa menjadi Kepala Puskesmas Sikappona, Advwn Yohanes Ginting dari Kepala Puskesmas Saumanganya menjadi Kepala Puskesmas Sioban. Steffanie Ribkha Euodia dari Kepala Tata Usaha Puskesmas Peipei menjadi Kepala Puskesmas Mapaddegat. Oroana dari Kepala Tata Usaha Puskesmas Sikakap menjadi Kepala Puskesmas Malakkopa. dr. Muhammad Winaldi menjadi Kepala Puskesmas Peipei. Yolpina dari Kepala Tata Usaha Puskesmas Muara Siberut menjadi Kepala Puskesmas Bosua.

Menurut Martinus,  pelantikan tersebut khusus untuk perangkat puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, termasuk pengisian kekosongan salah satu jabatan yang ada di OPD.

“Setelah kami lihat, kami teliti, dan kami cermati ternyata masih ada jabatan yang kosong. Jadi gerbong mutasi yang sekarang kita lantik bukan gerbong mutasi yang besar – besaran, tapi ini pengisian kepala puskesmas dan jabatan yang kosong,” katanya.

Lebih lanjut ia katakan, pegawai yang bertugas di setiap OPD perlu penyegaran, karena menurut aturan bahwa pegawai yang berada di OPD tidak boleh berlama – lama, paling lama 5 tahun pegawai bertugas di satu OPD, sebab akan timbul rasa jenuh terhadap pegawai itu sendiri, maka dari itu perlu dilakukan rotasi atau mutasi pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ia juga menyampaikan, pelantikan dilakukan Sekda karena pimpinan daerah ada tugas lain yang sangat penting sehingga pelantikan didelegasikan kepada Sekda. Untuk pendelegasian tersebut bukan hanya secara lisan tapi juga tulisan, sehingga ia bisa melantik mutasi pegawai. Kecuali pelantikan pegawai secara besar – besaran itu merupakan kewajiban pimpinan daerah untuk melantik.

Adapun nama-nama pejabat administrator yang dilantik, untuk OPD antara lain Abdul Gani Gilong menjadi jabatan baru Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran. Kaswati menjadi Kepala Sub bagian Fasilitasi Pengelolaan Perekonomian pada Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah, Daniel Bawuna  menjadi Kepala Sub Bagian dan Kepegawaian pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Lalu Danny Andrian menjadi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ajonti menjadi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Untuk Puskesmas, yaitu Porsan menjadi Kepala Tata Usaha Puskesmas Sikakap. Nurhidayah menjadi Kepala Tata Usaha Puskesmas Muara Siberut.  Fitri Mulyani menjadi Kepala Tata Usaha Puskesmas Sioban. Supriadi menjadi Kepala Tata Usaha Puskesmas Saumanganya. Eru Subadi menjadi Kepala Tata Usaha Puskesmas Saibi Samukop. Menjadi Kepala Tata Usaha pada Puskesmas Sikappona.

Selanjutnya, Endi Haruadi menjadi Kepala Tata Usaha Puskesmas Bosua. Desi Sulawati menjadi pelaksana lanjutan pada Puskesmas Muara Siberut. Bintara Sinulingga Perawat Pelaksana lanjutan pada Puskesmas Muara Siberut. Juniati Gulo menjadi Kepala Puskesmas Sarereiket. Marinus menjadi Kepala Puskesmas Muara Siberut.

Berikutnya, Agustinus  menjadi Kepala Puskesmas Saumanganya. Jaseplin Saragih menjadi Kepala Puskesmas Simatalu. Antoni Martin menjadi Kepala Puskesmas Sikakap. Erika Rumahorbo menjadi Kepala Puskesmas Bulasat. Nurhadi Putra menjadi Kepala Instalasi Farmasi. Desrijal Optianus menjadi Kepala Sub Bagian Program pada Dinas Kesehatan. Desma menjadi Kepala Seksi Kemfarmasian pada Bidang Aumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan. Sementara Justianna menjadi Kepala Seksi Pengembangan Usaha Perikanan pada Bidang Usaha dan Teknologi Perikanan Dinas Perikanan.

 

 

BACA JUGA