35 Siswa SMAN 1 Siberut Tengah Terima Beasiswa Program Indonesia Pintar

35 Siswa SMAN 1 Siberut Tengah Terima Beasiswa Program Indonesia Pintar Seorang siswa SMAN 1 Siberut Tengah menerima beasiswa Program Indonesia Pintar, Senin, 16 Mei. (Foto: Rinto Robertus Sanenek)

SAIBI SAMUKOP-Sebanyak 35 siswa SMAN 1 Kecamatan Siberut Tengah, Kecamatan Siberut Tengah, Mentawai menerima beasiswa Program Indonesia Pintar(PIP) masing-masing Rp1 juta, Senin, (16/5/2016).

Kepala SMAN 1 Siberut Tengah, Rafael Nyo Satoko mengatakan, beasiswa yang diterima siswa merupakan lanjutan yang diterima sebelumnya. Penyerahan beasiswa turut dihadiri orang tua penerima.

Rafael menyebutkan, sebelumnya sebanyak 99 siswa yang terdiri dari kelas X dan XI juga menerima PIP senilai Rp500 ribu. Sekolah kata Rafael tidak memiliki kewenangan meloloskan siswa yang menerima beasiswa sebab kewenangan tersebut di tangan pemerintah pusat.

"Pada tahap 1 beasiswa ini hanya di terima 99 siswa dan banyak siswa yang belum menerima, kita tak bisa berbuat banyak sebab bukanlah kami yang menentukan, semua data siswa sudah kami ajukan yang menentukan sipenerima adalah pihak kementrian dan kami hanya mendistribusikan berdasarkan nama dan nomor rekeningnya," katanya kepada MentawaiKita.com usai membagikan beasiswa.

Pada penerimaan tahap 1 ada dua siswa pindahan yang tidak menerima namun setelah datanya dimasukkan barulah mereka menerima.

Rafael menyebutkan, meski penerima merupakan siswa kelas XII yang baru lulus namun dana tersebut masih menjadi hak mereka karena namanya telah terdaftar di kementrian. Pencairan dana sendiri dilakukan siswa ke BNI namun karena yang bersangkutan tidak dapat langsung maka pengambilan diwakili pihak sekolah.

Rafael berharap, beasiswa yang baru diterima dipergunakan sebaik karena dari pengalaman sebelumnya setelah dana diterima sepatu dan seragam siswa tidak 'berubah'. "Lalu dikemanakan dana yang diterima selama ini," ujarnya.

Khusus siswa kelas XII yang baru lulus, Rafael berharap dana tersebut dipergunakan untuk melanjut ke perguruan tinggi. "Dengan beasiswa ini dapat membantu keluarga, minimal di manfaatkan untuk kebutuhan siswa melajutkan sekolahnya," katanya.

Beting Sangaimang (43), salah satu orang tua siswa yang hadir dalam penerimaan beasiswa tersebut berterimahkasih kepada pemerintah atas bantuan beasiswa ini.

"Adanya beasiswa ini meskipun sedikit sudah sangat membantu kami dan dana inilah proses awal yang akan kita gunakan untuk memasukkan anak kuliah yang rencananya di UNP dan sudah saya daftarkan, dan kedepannya beasiswa ini terus ada untuk membantu anak-anak kami yang masih sekolah di SMA," ucapnya. (Rinto Robertus Sanenek/g)

BACA JUGA