1.468 Siswa SLTP di Mentawai Ikuti Ujian Nasional

1468 Siswa SLTP di Mentawai Ikuti Ujian Nasional Siswa SMPN PUS sedang mengikuti UN, Senin 9 Mei 2016 (Foto: Supri Lindra)

MENTAWAI—Sebanyak 1.468 siswa SLTP di Kabupaten Mentawai mengikuti Ujian Nasional mulai hari ini, Senin, 9 Mei 2016 hingga Kamis, 12 Mei 2016.

Penyelenggaraan UN SLTP ini dilaksanakan 17 SMP Negeri, 4 SMP Swasta, dan 3 MTsN. Mata pelajaran yang diuji yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Qamaisir mengatakan, menjelang UN hingga pagi ini semua berjalan lancer, trutama distribusi soal ujian.

"Ujian Nasional tidak menentukan kelulusan tapi hanya sebagai pemetaan mutu yakni mengetahui sejauh mana keberhasilan sekolah untuk mengantarkan siswanya lulus UN," katanya.

Penentu kelulusan saat ini menurut Qamaisir adalah pihak sekolah melalui rapat dewan guru, siswa dinyatakan lulus apa bila siswa tersebut telah berhasil menuntaskan seluruh mata pelajaran mulai dari semester satu sampai semester lima.

"Sesuai dengan pengalaman tahun ajaran 2014/2015 bagi sekolah yang terendah nilai kelulusannya langsung dipanggil oleh Kementerian Pendidikan terutama sekali guru bidang studi yang di-UN-kan," jelasnya.

Kepala SMP Negeri 1 Pagai Utara Selatan, Oskar Sababalat mengatakan, pengawasan dilakukan dengan sistem silang yakni guru SMP, MTsN dan guru SMA, dalam satu ruangan pengawas UN, satu dari guru SMP sederajat dan satu lagi guru SMA.

Peserta ujian nasional (UN) di SMPN 1 PUS sebanyak 221 siswa terdiri dari 200 siswa SMPN I PUS, 13 siswa SMPN 3 Pagai Selatan, dan 8 siswa SMP Tribakti.

Agar siswa lulus 100 persen pihak sekolah SMPN I PUS jauh-jauh hari telah mempersiapkan siswanya dengan mengadakan jam tambahan belajar sore terutama mata pelajaran UN yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Selain itu pihak sekolah juga membekali siswanya untuk menjawab soal-soal UN 3 tahun belakangan, katanya.

(Supri Lindra)

BACA JUGA