Jelang Komodo Exercise, Sat Pol PP Mentawai Bongkar Lapak Pedagang

Jelang Komodo Exercise Sat Pol PP Mentawai Bongkar Lapak Pedagang Petugas Sat Pol PP Mentawai membongkar lapak pedagang di Dermaga Tuapeijat, 6 April 2016. Pembongkaran ini dilakukan menjelang Komodo Exercise 2016. (Foto Patris Sanene)

TUAPEIJAT-Menjelang penyelenggaraan Multilateral Naval Exercise Komodo di Mentawai, 12-16 April mendatang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Mentawai membongkar lapak pedagang yang berada di sekitar pelabuhan pada Rabu, 6 April 2016.

"Ini kita lakukan atas perintah bupati untuk membersihkan sekitaran pelabuhan jelang Komodo Exercise," kata Tamrin, petugas Syahbandar Tuapeijat.

Tamrin mengatakan, pelabuhan tersebut mestinya steril, tidak ada pedagang yang berjualan. "Pelabuhan sebetulnya tidak boleh ada pedagang dan lokasi ini harus steril namun kenyataan ada lapak karena pedagang perlu mempertahankan hidupnya di sini," kata Tamrin.

Selanjutnya pihak Syahbandar, jelas Tamrin, berharap tidak ada lagi pedagang yang berjualan usai pelaksanaan Komodo Exercise.

"Setelah kita sterilkan, untuk seterusnya tidak ada lagi pedagang yang berjualan di pelabuhan ini, jika ada yang membandel kita bongkar," kata Tamrin.

Sementara Menthodis Gaho, salah seorang pedagang di pelabuhan mengaku pasrah ketika menyaksikan Pol PP mengangkut satu persatu barang miliknya ke dalam bak mobil Pol PP.

"Ini sudah perintah, kalau sudah perintah kita ikuti saja," kata Menthodis yang sudah berjualan di pelabuhan sejak 2012.

Kini ia berharap pemerintah menyediakan tempat khusus berjualan yang strategis. "Kami berharap 9 pedagang yang ada di pelabuhan tersebut diberi tempat agar kami juga bisa mencari nafkah bagi keluarga kami," katanya.

Informasi yang didapat Mentawaikita.com, para pedagang tersebut sudah diperintahkan untuk berjualan di Pasar Ibu yang ada di KM 8 namun hingga saat ini pasar tersebut belum digunakan maksimal.

(Patris Sanene)

BACA JUGA