TPI di Tuapeijat, Mentawai Beroperasi

TPI di Tuapeijat Mentawai Beroperasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tuapeijat, Sipora Utara, Kabupaten Mentawai mulai beroperasi. (Foto: Patris Sanene)

TUAPEIJAT—Tempat Pelelangan Ikan di Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Mentawai mulai beroperasi. TPI yang dikelola Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai ini menjadi pusat penjualan ikan segar.

Samsir (22), penjual ikan di TPI tersebut mengaku terbantu dengan adanya tempat yang dikhususkan bagi para nelayan untuk berjualan. "Kita terbantu karena tempatnya terlindungi dari hujan," katanya, Selasa 5 April lalu.

Kepala TPI Efri Failsal mengatakan, nelayan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut karena itu dia meminta nelayan yang masih berjualan di KM 0 segera pindah ke TPI.

"Kita meminta para nelayan yang ada di Tuapeijat dapat berjualan di sini dan juga kepada para nelayan dapat melakukan bongkar muat hasil tangkapan di TPI yang sudah kita sediakan," katanya.

Selain menyediakan tempat, TPI juga akan mengontrol harga jual ikan ke masyarakat. "Kita akan kontrol harga ikan, kita tidak akan menekan harga ikan yang akan dijual ke masyarakat untuk dijual dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat atau siapa pun yang datang ke Mentawai menikmati ikan segar dengan harga yang terjangkau," kata Failsal.

Lokasi TPI yang dapat memuat sekitar 20 lapak ikan tersebut juga dapat digunakan pedagang sayur, makanan. "Tetapi tidak di lapak yang diperuntukkan untuk jual beli ikan yang kita sediakan," katanya.

(Patris Sanene)

BACA JUGA