Pagai Musim Samung, Rp25.000 Satu Karung

Pagai Musim Samung Rp25000 Satu Karung Buah Samung (Foto: Supri)

SIKAKAP -- Buah air-air atau yang biasa dikenal buah Samung oleh masyarakat Mentawai saat ini musim di daerah Pagai Utara dan Selatan. Samung dijual dengan harga Rp25.000 per karung yang berukuran 25 kilogram.

Salah seorang petani Samung di Desa Matobe, Suparman (37) mengatakan saat ini Samung miliknya berbuah lebat. "Buahnya memang lebat, kemungkinan kita akan panen satu minggu lagi. Walau kulitnya sudah kuning, namun rasanya masih asam sekarang ini," ujarnya.

Menurutnya, Samung tidak jauh berbeda dengan buah lansek. "Bentuknya tidak jauah beda dengan lansek. Samung lebih banyak mengandung air. Kalau banyak makan Samung, kita akan sering buang air kecil," ungkapnya.

Dikatakannya, harga Samung biasanya dijual dengan harga Rp.25.000 per karung. "Kalau sedang musim seperti ini, harga Samung hanya Rp25.000 per karung. Biasanya, kita menjual Samung kepada warga sekitar saja," jelasnya.

Selain itu, Syainir (40) salah seorang warga Sikakap mengatakan Samung bagus untuk pencernaan. "Meskipun kita banyak memakan buah Samung, itu tidak akan menyebabkan sakit perut. Samung itu banyak mengandung air," ungkpanya.

(Supri Lindra)

BACA JUGA