Pemkab Mentawai Siapkan Rp29 Miliar Membangun Jalan Pantai Barat Siberut

Pemkab Mentawai Siapkan Rp29 Miliar Membangun Jalan Pantai Barat Siberut Wilayah pantai barat Pulau Siberut dipotret dari udara. (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menyiapkan dana Rp29 miliar untuk membangun jalan Trans Mentawai ke arah barat Pulau Siberut, hal itu dikatakan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat merayakan Natal dan tahun bersama bersama guru-guru Katolik Siberut di Aula Pastoran Katolik, Siberut Selatan, Sabtu (12/1/2019)

“Tahun ini telah disiapkan anggaran Rp29 miliar untuk membangun jalan trans Mentawai di pantai barat mulai dari Labuan Bajau sampai Sigakpona, nanti yang mengerjakan TNI. Tahun depan akan dilanjutkan lagi pembangunan jalan trans Mentawai dari Madobak ke Peipei,” katanya.

Karena itu Yudas meminta masyarakat yang memiliki tanah di dekat jalan trans Mentawai tidak menjualnya kepada para pendatang karena itu merugikan masyarakat sendiri. “Saya berharap setelah jalan sudah dibangun jangan menjual tanah, jalan trans ke arah Saliguma kebanyakan tanah di tepi jalan sudah dijual kepada pendatang,” katanya.

Dengan berbagai pembangunan yang dilakukan saat ini, menurut Yudas, Mentawai tengah bersiap menjadi daerah terbuka karena itu orang Mentawai harus menyiapkan diri terutama sumber daya manusianya. "Mentawai saat ini akan terbuka tidak ada jalan lain, tidak mungkin Mentawai ini akan tertutup terus, terbuka dari agama, terbuka dari perpolitikan dan terbuka dari pembangunan lainnya," kata Yudas.  

Daerah Simatalu di barat Pulau Siberut juga akan digenjot pembangunannya. "Di sana akan diresmikan puskesmas dan SMP, termasuk di Rereiket (Madobak), puskesmas juga tinggal diresmikan, satu hal yang masih jadi tantangan, dokter masih sulit didapatkan," katanya.


BACA JUGA