SMAN 2 Sipora Kekurangan Guru 3 Bidang Studi

SMAN 2 Sipora Kekurangan Guru 3 Bidang Studi Seorang guru SMAN 2 Sipora sedang memberi penjelasan kepada siswa (Foto : dok.mentawaikita.com)

TUAPEIJAT—SMAN 2 Sipora, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, masih kekurangan guru tiga mata pelajaran yakni guru bidang studi fisika, seni budaya dan guru bidang studi sosiologi.

Kepala SMAN 2 Sipora, Bisronel Siritoitet menjelaskan kekurangan  guru mata pelajaran tersebut sudah sejak bebeberapa bulan lalu.

“Selama ini guru yang membantu mengisi 3 mata pelajaran tersebut kebetulan ada beberapa guru honor saja, yang kita harapkan itu diisi oleh ASN,” kata Bisronel kepada Mentawaikita.com, Rabu (9/1/2019).

Saat ini kata Bisronel ketersediaan tenaga pengajar di SMAN 2 Sipora masih mencukupi meski beberapa guru ada yang harus rangkap ajar mata pelajaran lain, namun untuk tiga mata pelajaran yang masih kosong tersebut menurutnya sangat penting.

“Kita butuh sekali apalagi guru fisika, tenaga pengajar untuk fisika tidak banyak,” kata Bisronel.

Jumlah guru yang ada di SMAN 2 Sipora saat ini sebanyak 46 orang, 36 ASN, sedangkan 10 orang lagi tenaga honor dan kontrak.

“Guru yang berstatus ASN kita tinggal 36 orang, sudah mutasi 3 orang,” kata Bisronel. Kemudian terkait dengan fasilitas lain, Bisronel menjelaskan sekolahnya masih membutuhkan ruangan serba guna atau aula, kemudian ruang praktik atau labor fisika.

“Kalau ruang komputer, ruang labor biologi sudah ada hanya beberapa ruangan yang kita butuhkan itu ruang fisika, lalu ruang serba guna untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dari instansi luar sering sekali, jadi kalau menggunakan ruang kelas tidak muat, kemudian anak-anak juga harus pindahkan kursi, tentu repot juga,” katanya.

Sementara itu proses belajar mengajar di SMAN 2 Sipora saat ini setelah melewati masa libur Natal dan Tahun Baru sudah kembali normal.

“Proses belajar mengajar sudah mulai, dan guru-guru sudah hadir semua, hanya ada beberapa siswa-siswi kita dari Siberut dan Sikakap belum masuk karena kemungkinan terkendala akses transportasi mereka,” katanya. 


BACA JUGA