Tidak Ada Rumah Dinas, Guru SMAN 1 Pagai Utara Mengontrak

Tidak Ada Rumah Dinas Guru SMAN 1 Pagai Utara Mengontrak Plang SMAN 1 Pagai Utara. (Foto: Dokumentasi Mentawaikita.com)

SAUMANGANYA—Kepala SMAN 1 Pagai Utara di Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara Kepulauan Mentawai, Nofik Afriko menyatakan komplek sekolahnya belum memiliki perumahan guru. Kondisi ini menyebabkan sejumlah guru harus mengontrak rumah dengan biaya Rp berkisar Rp300 ribu per bulan.

“Guru SMAN 1 Pagai Utara berjumlah 17 orang, umumnya tidak punya rumah sehingga sebagian besar mengontrak atau kalau tidak tinggal di rumah kerabatnya,” kata Nofik, Selasa (8/1/2019).

Karena tidak ada rumah dinas, guru tinggal terpisah-pisah yang jaraknya sekira 400 meter dari sekolah, ada juga tinggal lebih jauh hingga 2 km. “Bagi guru yang dekat sekolah pergi ke sekolah berjalan kaki, sementara yang jauh tinggalnya dari sekolah terpaksa harus naik sepeda motor, kalau ada rumah dinas, guru bisa tinggal satu tempat,” katanya

Para guru memilih mengontrak atau menumpang tinggal agar proses belajar mengajar berjalan lancar. "Harapan saya agar pemerintah dapat membuatkan perumahan guru untuk SMAN 1 Pagai Utara,” katanya.

BACA JUGA