SMAN 1 Pagai Utara Dapat Akreditasi B

SMAN 1 Pagai Utara Dapat Akreditasi B Tim Asesor Akreditasi Sumbar sedang memeriksa administrasi SMAN 1 Pagai Utara. (Foto: dokumentasi SMAN 1 Pagai Utara/Mentawaikita.com)

SAUMANGANYA—SMAN 1 Pagai Utara Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai berhasil meraih akreditasi B dengan predikat baik, total nilai yang didapat 81. Kepala SMAN 1 Pagai Utara Nofik Afriko menyatakan akreditasi B mampu diraih berkat dukungan para majelis guru, murid, wali murid dan orang tua siswa. 

Ia mengatakan, SMAN 1 Pagai Utara berdiri tahun 2015 pada tahun ajaran 2017/2018 berhasil mengantarkan siswanya tamat 100 persen pada Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Saat ini, SMAN 1 Pagai Utara memiliki guru 17 orang dengan sarana prasarana yang telah dimiliki  diantaranya komputer  20 unit, laboratorium komputer, dan 5 ruang belajar jumlah murid sebanyak 137 siswa.

"Penilaian akreditasi sekolah dilakukan satu kali dalam lima tahun, dengan hasil yang telah dicapai sekarang, lima tahun ke depan pihak sekolah akan berusaha mempertahankan hasil yang telah tercapai dan kalau bisa akreditasi B paling tidak menjadi akreditasi B gemuk," katanya, Senin (7/1/2019).

Akreditasi sekolah ini sesuai amanat Undang-Undang (UU) No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 60 Ayat (1),  Akreditasi sekolah dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Ayat (2) akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah dan / atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik. Ayat (3) akreditasi dilakukan atas dasar kateria yang bersifat terbuka.

Sementara sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 Pasal 87 Ayat (1), akreditasi oleh pemerintah sebagaimana dimaksud dalam pasal 86 ayat (1) dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) terhadap program dan/atau satuan pendidikan jalur formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Bagi sekolah yang ingin mengajukan akreditas sesuai dengan Badan Standar Nasional Akreditasi (BSNP), ada delapan poin yang menjadi penilaian yakni pertama standar isi, dua standar proses, tiga standar kompetensi lulusan, empat standar pendidik dan tenaga pendidikan, lima standar sarana dan prasarana sekolah, enam standar pengelolaan, tujuh standar pembiayaandan delapan standar penilaian pendidikan.

Perangkat akreditasi SMA/MA terdiri atas instrumen akreditasi, petunjuk teknis (juknis), instrumen pengumpulan data atau informasi pendukung akreditasi, dan pedoman pemikiran dan pemberitahuan hasil akreditasi.

 

BACA JUGA