Kapal Antar Pulau Tak Layani Penumpang Arus Balik dari Siberut Barat, Pelajar Kecewa

Kapal Antar Pulau Tak Layani Penumpang Arus Balik dari Siberut Barat Pelajar Kecewa KLM Nade yang dipenuhi penumpang dari Tuapeijat menuju SIberut menjelang libur Natal lalu. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-KLM Nade tidak melayani arus balik penumpang mudik Natal dari Siberut Barat menuju  Pelabuhan Pokai, Siberut Utara. Sebelumnya, KLM Nade melayani penumpang mudik dari Sikabaluan ke Siberut Barat. Kondisi ini membuat banyak penumpang terutama pelajar yang sekolah di Sikabaluan kecewa.

"Kami tunggu kapal antar pulau sesuai jadwal biasa namun tidak masuk, " kata Dominika, salah seorang pelajar asal Simatalu pada Mentawaikita.com, Sabtu, 5 Januari 2019.

Lebihlanjut dikatakan Dominika, bila sesuai jadwal kapal antar pulau yang melayani rute pelabuhan Pokai (Siberut Utara) menuju Betaet (Siberut Barat)  pada Rabu, 2 Januari 2019 maka pelajar SMA yang masuk sekolah 3 Januari tidak terlambat. "Karena kapal tidak masuk terpaksa kami cari boat untuk ke Sikabaluan pada hari Sabtu," katanya.

Untuk ongkos boat dari Betaet ke Pokai para pelajar masing-masing mengeluarkan uang Rp200 ribu sekali jalan. Ini belum termasuk ongkos ojek dari Simatalu ke Betaet antara Rp50-250 ribu sesuai jarak tempuh. "Kalau antar pulau kita akan terbantu ongkos kapal. Namun karena tidak ada kapal terpaksa pelajar yang tertinggal mencari boat untuk diantar ke Sikabaluan, " katanya.

Berbeda dengan Anjela Cahya Pratiwi, pelajar dari Betaet Desa Simalegi cukup beruntung bisa menaiki boat milik KLM Nade karena ia hanya perlu membayar Rp50 ribu saja. "Kapasitas boatnya hanya sekitar 20 orang. Jadi siapa yang siap pada waktu itu dapat tempat, " katanya.

BACA JUGA