Gempa 4,7 SR Guncang Pulau Sipora, Sejumlah Warga Sempat Mengungsi

Gempa 47 SR Guncang Pulau Sipora Sejumlah Warga Sempat Mengungsi Sejumah warga Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Sipora Utara, Mentawai sempat mengungsi ke perbukitan akibat gempa tadi malam. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT--Gempa bumi Magnitudo 4,7 SR mengguncang Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (19/12/2018) pukul 23:12:08 WIB kedalaman 30 Km. Gempa menyebabkan sejumlah warga Dusun Mapaddegat Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara yang berada di dekat pantai mengungsi.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa 2.29 LS 99.81 BT, pusat gempa berada di laut, 48 Km tenggara Kepulauan Mentawai, dan dirasakan (skala MMI) II di Tuapeijat.

Salah seorang warga Mapaddegat, Anto, mengatakan bahwa gempa benar dirasakan dan warga naik ke dataran tinggi. "Jangan kita menganggap remeh gempa itu, meskipun kecil skalanya, karena kita tidak tahu apakah menyebabkan tsunami atau tidak, kita sudah punya pengalaman dengan saudara kita di daerah lain, tidak ada gempa tapi tiba - tiba datang Tsunami,” kata Anto pada Sabtu (29/12/2018) saat ditanya.

Warga lain, Irjan juga menyampaikan bahwa setiap gempa yang terjadi jangan terlalu panik yang mengakibatkan terkena benda - benda lain. “Kita juga jangan terlalu panik, apalagi ada orang tua kita yang sudah lanjut usia (lansia), mereka bisa jantungan, kalau terjadi gempa santai saja, kalau memang menimbulkan Tsunami langsung evakuasi, jangan gara - gara panik belum apa - apa kita sudah terkena benda lain,” tuturnya.

Ia menambahkan, kalau terjadi gempa seperti ini mestinya petugas sudah ada di tempat terutama di kawasan pesisir seperti Mapaddegat ini.

Sementara Kepala Desa Tuapeijat, Pusuibiat mengatakan, bahwa air laut tidak surut dan warga bisa turun kembali ke pemukiman. “Sudah kita pantau namun air lautnya tidak surut, jadi tidak apa - apa kalau warga sudah bisa turun ke pemukiman, namun kita juga menghimbau untuk tetap waspada dengan gempa susulan, dan harus ditunggu kurang lebih satu jam boleh turun,” katanya.



BACA JUGA