Mudik Natal, Banyak Calon Penumpang Tak Dapat Tiket Kapal Antar Pulau

Mudik Natal Banyak Calon Penumpang Tak Dapat Tiket Kapal Antar Pulau Salah satu kapal antar pulau di Pelabuhan Tuapeijat, Sipora Utara disesaki penumpang yang akan mudik Natal ke kampung halaman. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT—Sejumlah calon penumpang kapal antar pulau yang melayani rute Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara menuju Sikakap dan Siberut di Pulau Pagai Kepulauan Mentawai kecewa karena tidak mendapat tiket,  pada jadwal keberangkatan Sabtu (22/12). Padahal mereka ingin merayakan Natal bersama keluarga di kampung halaman.

Arus mudik Natal tahun ini membludak dari Tuapeijat, ibu kabupaten menuju dua pulau lainnya di Mentawai, Siberut dan Pagai. Armada kapal antar pulau milik Pemda Mentawai sebanyak 4 unit dikerahkan mengangkut penumpang.

Salah seorang penumpang kapal Nade tujuan Sikakap, Reni (28) mengatakan dirinya kecewa karena tidak bisa berangkat karena kapal penuh dan tidak bisa melewati pintu masuk kapal karena terhalang sepeda motor yang juga ikut dimuat ke dalam kapal.

“Tak jadi berangkat, penumpang penuh padahal kami setengah tujuh (06.30 WIB) sudah di dermaga, tapi sampai di sini (dermaga) tidak bisa masuk, motor juga banyak yang masuk,” katanya pada Sabtu pagi (22/12/2018) saat ditanya di Pelabuhan Tuapeijat.

Doni (26), calon penumpang lain ikut kecewa karena motornya tidak bisa masuk kapal dan sudah dibatasi oleh Anak Buah Kapal (ABK) sebab penumpang banyak dan juga demi menjaga keselamatan.

“Saya ragu bang, saya mau pulang kampung tapi motor saya tidak bisa masuk, soalnya kalau motor saya tidak bisa masuk tentu saya juga tidak jadi berangkat, karena tidak ada tempat saya titip motornya, saya ke Siberut bang,” ujarnya.

Sementara Mama Meila (35) yang hendak pulang ke Siberut Selatan berhasil mendapat tempat di kapal. Ia duduk diam sembari sibuk mengurusi anaknya. “Kalau kami dari 5.30 WIB sudah di sini (kapal), karena takut tidak dapat tempat, karena ini kan hari libur pasti banyak penumpang, makanya kita sudah di sini dari pagi. Kalau kami beranjak pasti akan ada orang yang duduk dit empat kami, ya keginilah duduk aja,” katanya sambil tertawa.

Adapun tujuan kapa yang berlayar hari ini yaitu, Kapal KM. Beriloga dengan tujuan Taileleu, Peipei, Malilimok dan Maileppet (Siberut Selatan). KM. Pulau Simasin tujuan, Saibi, Sirilogui dan Pokai (Siberut Utara). KM. Nade 220 tujuan Pasapuat dan Sikakap, sementara KM. Bakkat Menuang tujuan Sioban dan Sao. Sama - sama berangkat jam 08.00 WIB.

BACA JUGA