SMKN 2 Kepulauan Mentawai Mendapat Alat Praktik Nautika

SMKN 2 Kepulauan Mentawai Mendapat Alat Praktik Nautika Alat praktik milik SMKN 2 Kepulauan Mentawai untuk jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (Foto : Hendrik/mentawaikita.com)

PUROSMKN 2 Kepulauan Mentawai, Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat bantuan alat praktik untuk jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat.

Kepala SMKN 2 Kepulauan Mentawai, Amati Telaumbanua mengatakan, peralatan tersebut sudah berada di ruangan praktik maritim yang baru saja dibangun.

Alat itu berupa reader, kompas, radio, fish reader (pendeteksi ikan) dan alat untuk mengukur sudut matahari. Pembelian alat tersebut menelan dana Rp800 juta.

Alat praktik ini sudah ada dan sudah dibuka oleh teknisinya dan guru-guru khususnya yang mengajar Jurusan NKPI nantinya akan diberi pelatihan bagaimana cara menggunakan alat itu sehingga gurunya nanti bisa melakukan praktik lapangan kepada siswa,” katanya MentawaiKita.com, Sabtu (15/12/2018).

Jadi, kata Amati, siswa ini tidak hanya praktik di sekolah namun langsung terjun ke kapal dimana ada kapal yang lengkap peralatannya.

“Jika ada kapal nelayan yang memiliki alat lengkap dan berstandar kita akan membuat kerja sama agar kapal itu bisa dipakai dulu oleh siswa untuk praktik,” ujarnya.

Amati menyebutkan, rencananya SMKN 2 Kepulauan Mentawai ini akan membeli kapal sendiri agar tidak kesulitan untuk mencari tempat praktik.

Khusus jurusan maritim, ruang praktik yang sudah selesai sebanyak 3 lokal dan yang mengajar sebanyak 5 orang guru

BACA JUGA