Jelang Natal Harga Telur Naik di Sikakap

Jelang Natal Harga Telur Naik di Sikakap Telur yang dijual di warung milik seorang warga Sikakap (Foto : Supri/mentawaikita.com

SIKAKAP—Harga jual telur ayam buras di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mulai naik menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Pada bulan sebelumnya (November) harga telur di Mentawai berkisar Rp40 ribu per lapik namun mendekati Natal harga naik menjadi Rp42 ribu per lapik.

“Kenaikan harga telur ayam buras disebabkan karena stok telur kurang di Padang, sementara permintaan telur ayam buras jelang Natal banyak," kata Hendra Wijaya, pedagang telur ayam buras di Desa Sikakap, Kamis (13/12/2018).

Hendra Wijaya menyebutkan, pada hari biasa dalam seminggu, jumlah telur yang terjual berkisar 20-30 lapik. Namun mendekati perayaan Natal 2018 di Mentawai penjualan meningkat hingga 100 lapik per minggu

“Tingginya kebutuhan telur ayam buras disebabkan banyak masyarakat yang membuat kue terutama sekali masyarakat yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Mersih (45), salah satu ibu rumah tangga di Sikakap menyebutkan, selain roti kaleng di rumah juga ada kue yang dibuat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di Mentawai.

“Jelang Natal dan Tahun Baru sekarang harga telur naik Rp2.000 per lapik, kalau dibeli per butir telur buras Rp5 ribu dapat tiga butir, katanya. 

BACA JUGA