Proyek Air Bersih Selesai Namun Air Tak Mengalir

Proyek Air Bersih Selesai Namun Air Tak Mengalir Penampungan air bersih di Sikuret Simoilalak Desa Saibi Samukop yang dibangun sejak . (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)
SAIBISAMUKOP--Jaringan air bersih di Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai belum juga mengalir dan dinikmati warga setempat. Jaringan tersebut dibangun pemerintah sejak 2015 yang airnya bersumber di Sikuret Simoilalak dan paralon untuk aliran airnya sampai di pusat kecamatan termasuk kran setiap rumah sudah terpasang.

Upaya perbaikan untuk mengalirkan air tersebut oleh Pemerintah Daerah Mentawai melalui Dinas PUPR sudah beberapa kali dilakukan namun air tak juga mengalir. "Lama kami tunggu hingga sekarang tak mengalir sedikit pun airnya dan bahkan kita selalu bertanya-tanya mana airnya" kata Paulus Wiwi Satoko (53), seorang warga pada Mentawaikita.com, Senin (10/12).

Akibat tak kunjung mengalir,  kran-kran air yang sudah ada di setiap rumah hampir semuanya jadi rusak. "Kalau airnya mengalir mungkin tidak rusak krannya hingga sekarang pastinya kita akan menjaga dan merawatnya," katanya.

Menurut Paulus, dibangunnya jaringan air bersih tersebut dapat menjawab kebutuhan air bersih di Saibi Samukop yang sangat kesulitan terutama di musim kemarau. "Kita di sini itu kebutuhan air bersih hanya tergantung hujan dan kesulitan air saat kemarau hanya beberapa minggu,jadi di harapkan airnya segera mengalir," ujarnya.

Erli Saguruk (45), warga lainnya mengaku karena air tak mengalir, kran yang terpasang di depan rumah sudah tak ada lagi. "Sudah tercabut krannya dan memang seperti itulah kondisinya, kalau airnya jalan mungkin keluar tanpa kran saja," ujarnya.

BACA JUGA