Hanya 13 Siswa SMAN 1 Pagai Utara Dapat PIP dari 137 yang Diusulkan

Hanya 13 Siswa SMAN 1 Pagai Utara Dapat PIP dari 137 yang Diusulkan Siswa SMAN 1 Pagai Utara sedang ujian semester. (Foto: Dokumentasi Mentawaikita.com)
PAGAIUTARA--Dana Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa SMAN 1 Pagai Utara Desa Saumanganyak Kecamatan Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah cair. Dari 137 siswa yang diusulkan, hanya 13 yang menjadi penerima. Besar dana PIP yang diterima siswa per orang untuk kelas XII, Rp500 ribu, dan kelas X dan XI mendapatkan Rp1 juta, dana tersebut masuk langsung ke rekening siswa di Bank Negara Indonesia (BNI) Padang.

"Dana PIP untuk SMAN 1 Pagai Utara telah cair, pencairan dana PIP dilakukan langsung oleh siswa dan orang tua  di Bank Negara Indonesia (BNI) Padang sampai akhir Desember, karena ada kebijakan dari BNI, pencairan bisa diwakilkan kepada guru atau kepala sekolah SMAN 1 Pagai Utara dengan membawa surat kuasa dari murid penerima PIP," kata Nofik Afriko, Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Senin (10/12).

Ia menyebutkan, untuk mencairkan PIP, penerima atau yang punya kuasa mencairkan harus membawa Kartu Keluarga (KK) dan surat rekomendasi pencairan dana PIP dari kepala sekolah. “Dana PIP bantuan langsung Pemerintah Pusat untuk siswa SMA tidak mampu, untuk itu kita berpesan kepada orang tua yang anaknya mendapatkan bantuan dana PIP agar dapat mempergunakan dana PIP untuk keperluan anak sekolah seperti untuk membeli seragam sekolah, sepatu, buku dan lainnya, jangan gunakan dana PIP tersebut untuk membeli rokok atau lainnya,” katanya.

Sementara, untuk siswa yang belum mendapat PIP, rencananya akan kembali diusulkan tahun depan, jelas Nofik.

BACA JUGA