SMAN 1 Pagai Selatan Raih Akreditasi B

SMAN 1 Pagai Selatan Raih Akreditasi B SMAN 1 Pagai Selatan di KM 37, Desa Malakop, Kecamatan Pagai Selatan (Foto : Supri/mentawaikita.com)

PAGAI SELATAN—SMAN1 Pagai Selatan yang berada di KM 37 Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan berhasil mendapat akreditasi B pada tahun ini dengan total nilai 81.

“Berkat dukungan dari orang tua dan wali murid, siswa dan pihak guru SMAN 1 Pagai Selatan KM 37 Desa Malakopa,“ kata Kepala SMAN1 Pagai Selatan, Aziz Prima Syahrial kepada Mentawaikita.com, Jumat (7/12/2018).

Aziz Prima Syahrial menyebutkan, SMAN 1 Pagai Selatan berdiri sejak 2015 pada tahun ajaran 2017/2018 berhasil mengantarkan siswanya tamat 100 persen pada Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

SMAN1 Pagai Selatan memiliki guru 17 orang dengan sarana prasarana yang telah dimiliki sekolah 20 unit komputer dan laboratorium komputer dan 5 ruang belajar  dengan jumlah murid 145 siswa.

“Penilaian akreditasi sekolah dilakukan satu kali dalam lima tahun, dengan hasil yang telah dicapai sekarang, lima tahun ke depan pihak sekolah akan berusaha mempertahankan hasil yang telah tercapai dan kalau bisa akreditasi B paling tidak menjadi akreditasi B gemuk,katanya

Berdasarkan pasal 60 ayat 1 Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan  akreditasi sekolah dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Kemudian pada pasal 87 ayat 1 Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang tentang

Standar Nasional Pendidikan, akreditasi oleh pemerintah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) terhadap program dan/atau satuan pendidikan jalur formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Bagi sekolah yang ingin mengajukan akreditasi sesuai dengan Badan Standar Nasional Akreditasi (BSNP) harus memenuhi 8 poin yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, empat standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana sekolah, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

Perangkat akreditasi SMA/MA terdiri atas instrumen akreditasi, petunjuk teknis (juknis), instrumen pengumpulan data atau informasi pendukung akreditasi dan pedoman pemikiran dan pemberitahuan hasil akreditasi. 

BACA JUGA