Warga Pinairuk dan Mapinang Utara Kesulitan Mendapatkan Air Bersih

Warga Pinairuk dan Mapinang Utara Kesulitan Mendapatkan Air Bersih Pemukiman warga Pinairuk pasca gempa dan tsunami 2010. (foto: leo/mentawaikita.com)

PINAIRUK-Warga Pinairuk dan Mapinang Utara Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara Kepulauan Mentawai, kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk mendapatkan air besih 48 kepala keluarga warga berjalan kaki sekira 600 meter melintasi jalan setapak dan jurang.

Saat ini warga Pinairuk mendiami pemukiman baru setelah gempa dan tsunami 2010 lalu yang berjarak satu kiometer dari bibir pantai. “Di pemukiman baru untuk mendapatkan air bersih harus berjalan kaki sekira 600 meter dengan jalan setapak dan jurang , ini di lakukan warga jika pada saat tidak penghujan,” ujar Salbanus Sababalat (48) warga Pinairuk  kepada Mentawaikita.com, Selasa (4/12/2018)

Sedangkan Ivan Sakeletuk(35) salah satu warga juga menambahkan jika tidak penghujan warga mengambil air bersih dari lembah, untuk mengangkutnya juga terbatas hanya sekira 5-10 liter saja, sekalian mandi dan mencuci baliknya bawa air dengan derigen. Rumah di Pinairuk ada 48 semua ada bak penampung dan drum untuk tampung  air hujan, sejak musim penghujan Oktober hingga Desember stok air masing-masing warga ada di bak.

“Jika tidak ada hujan terpaksa turun lagi ke lembah ambil air, hal ini di lakukan warga selama di pemukiman baru sejak 2011 , kalau masih di pemukiman lama air minum dari sumur dan mandi mencuci ada sungai tapi di pemukiman baru sungai jauh dan sumur tidak ada karena berada di perbukitan,” terangnya.

Ivan  mengharapkan kepada pemerintah daerah Mentawai melalui dinas terkait agar membangun air minum program Pamsimas seperti di Dusun Mabulau Buggei yang di bangun 2017  ataupun di dusun lainnya.

Kepala Dusun Mapinang Utara Mandagi Saogo juga mengeluhkan hal yang sama bahwa dusunnya juga kesulitan mendapat air bersih sama halnya di Dusun Pinairuk. “Tim Fasilitator Pamsimas telah mensurvei titik sumber air pada September dengan panjang pipa yang di butuhkan dari titik air  hingga ke pemukiman sekira 4.800 meter, mudah mudahan tahun depan Pamsimas di bangun, warga Mapinang 76 kepala keluarga butuh air bersih,” katanya.

BACA JUGA