Petani Kelapa Mabulau Buggei Berharap Pemerintah Mengontrol Harga

Petani Kelapa Mabulau Buggei Berharap Pemerintah Mengontrol Harga Pengolahan kelapa di Siberut Barat Daya (Foto : Rus/mentawaikita.com)

MABULAU BUGGEIPetani kelapa di Dusun Mabulau Buggei, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Mentawai mengontrol harga kopra yang kian hari makin anjlok di pasaran.

Saat ini harga jual kelapa cungkil berkisar Rp800-1.000 per kilogram sementara kopra Rp2.000-3.000 per kg.

Laidin, salah satu pemilik kelapa di Mabulau Buggei mengatakan, sejak Oktober hingga Desember ia sudah tidak mengolah kopra karena harganya terlalu murah. Di Mabulau Buggei jumlah kepala keluarga sebanyak 76 yang 95 persennya mengandalkan kelapa sebagai sumber pendapatan.

“Sejak harga murah tidak lagi menghiraukan kebun kelapa dibiarkan saja masak di pohon, dan ada juga beberapa saja petani mengolah kelapa mereka yang keadaan terdesak saja untuk kebutuhan rumah, petani lainnya kerja  yang lain salah satunya mencari ikan,” katanya kepada Mentawaikita.com, Selasa (4/12/2018).

Ia berharap harapan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Mentawai mencari solusi pabrik penampungan di daerah lain  yang bekerja sama dengan Perindagkop agar harga stabil.

Bruno Simamora, salah satu penampung kelapa dan hasil bumi di daerah itu menyebutkan, penurunan harga kelapa terjadi sejak April tahun ini. Pada April harga kelapa cungkil masih berkisar Rp3.500-3.800 per kilogram dan harga kopra berkisar Rp6 ribu-7 ribu per kg.

Setelah April harga mulai jatuh dimulai dari Rp2.500 per kg untuk kelapa cungkil dan Rp5 ribu per kg untuk kopra. Harga makin turun dan terhitung Desember menjadi Rp800-1.000 per kilogram sementara kopra Rp2.000-3.000 per kg.

Penurunan harga itu, kata Bruno dipengaruhi harga pasar nasional yang juga turun. Pada saat harga kopra masih Rp6 ribu-7 ribu per kg, jumlah kopra yang dijual petani mencapai 2-3 ton per minggu.

“Namun sejak harga turun menurun menjadi 400-600 kilogram per minggu,” katanya Bruno. 

BACA JUGA