Warga Pinairuk Minta Poskesdes Dilengkapi Jaringan Wi-fi

Warga Pinairuk Minta Poskesdes Dilengkapi Jaringan Wifi Poskesdes Pinairuk, Desa Saumanganya (Foto : Leo/mentawaikita.com)

 

PINAIRUKWarga Pinairuk, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menyediakan fasilitas wi-fi (internet) di Poskesdes Pinairuk.

 

Salbator Sababalat, salah satu warga Pinairuk mengatakan, wi-fi sangat dibutuhkan warga sebagai sebuah media komunikasi warga dengan keluarga yang mereka yang jauh sebab tidak punya sarana komunikasi jarak jauh dalam bentuk lain di dusun tersebut.

 

Selain itu, wi-fi akan mempermudah petugas untuk menyampaikan permintaan bantuan ke Puskesmas Saumanganya. “Harapan kami warga Pinairuk yang berjumlah 48 kepala keluarga di Poskesdes disediakan wi-fi, sebab kami kesulitan menelepon untuk meminta bantuan ke Puskesmas Saumanganya apa bila ada warga yang sakit parah selain itu yang sakit kami perlu komunikasi kepada anak-anak yang sekolah di daerah lain,” katanya kepada Mentawaikita.com, Selasa (4/12/2018).

 

Salbator menyebutkan, selama ini untuk menelepon keluarga yang jauh karena ada urusan penting, mereka harus ke Sikakap yang berjarak 60 km dari kampugnya. Jadi jika memiliki android dan didukung jaringan internet mereka akan mudah mendapat informasi.

 

”Selain kami ke Sikakap, kami terpaksa ke SMPN 1 Pagai Utara  dan di SMAN 1 Pagai Utara yang berlokasi di Desa Saumanganya jarak tempuh 35 kilometer untuk mendapatkan wi-fi, hal ini membuat warga mendapat informasi,” ujarnya.

 

Selain warga Pinairuk, warga Mabulau Buggei juga berharap kepada Dinas Kominfo Mentawai menyediakan fasilitas wi-fi di poskesdesnya.

 

“Pada saat warga sakit kritis butuh bantuan tenaga kesehatan ataupun butuh obat di Puskesmas Saumanganya, warga dan petugas kesehatan tidak dapat menelepon, terpaksa naik sepeda motor menuju Puskesmas Saumanganya,” kata Frans Harlan Tasilipet, warga Mabulau Buggei.

BACA JUGA