BBIP Sikakap Berhasil Mendederkan 12 Ribu Bibit Ikan Kerapu

BBIP Sikakap Berhasil Mendederkan 12 Ribu Bibit Ikan Kerapu Keramba jaring apung milik nelayan Sikakap

SIKAKAP—Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berlokasi di Dusun Berkat Lama, Desa Sikakap berhasil mendeder sebanyak 12 ribu ekor bibit kerapu macan dari bak pembiakannya ke keramba milik BBIP Sikakap.

Bibit ikan kerapu macan hasil pendederan BBIP sekarang sudah berukuran 8 cm sampai 20 cm. BBIP Sikakap merupakan milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai, bibit ikan kerapu hasil pendederan BBIP sudah ada sebanyak 12 ribu ekor,kata Syaidina Ali, Plh BBIP Sikakap kepada Mentawaikita.com, Rabu (5/12/2018).

Syaidina Ali menyebutkan, BBIP sekarang memiliki 8 ekor induk ikan kerapu macan dengan berat induk bermacam-macam mulai dari 8 kg sampai 10 kg. Indukkan diambil langsung dari perairan Mentawai, untuk pendederan dilakukan tiga kali setahun.

Sekali mendeder satu induk mengeluarkan telur sebanyak 40 ribu sementara yang bertahan hidup sekira  8 ribu ekor. Ikan kerapu termasuk ikan kanibal bila lapar akan memakan teman yang ukurannya lebih kecil.

Agar kematian tidak terlalu banyak pihak BBIP Sikakap selalu menyortir ukuran ikan kerapu, dan memisahkannya. Ikan kerapu yang sama akan diletakkan dalam satu keramba ikan.

“Kendala sekarang ikan kerapu yang sudah besar ini mau dikemanakan sementara belum ada anjuran dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai apakah dibagikan ke kelompok nelayan keramba jaring apung atau dikemanakan, hal ini membuat kita pengelola BBIP Sikakap menjadi bingung," katanya

BACA JUGA