Camat Sikakap Tolak Rencana TPA Sampah di Mapinang

Camat Sikakap Tolak Rencana TPA Sampah di Mapinang Tumpukan sampah di dekat SD Vincentius Pastoran Sikakap Kepulauan Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Camat Sikakap Fransiskus Sakeletuk menolak rencana Pemerintah Desa Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadikan Dusun Mapinang sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah karena dekat pemukiman warga.

"TPA sampah harus jauh dari pemukiman warga, rencana pemerintah Desa Sikakap akan menjadikan Dusun Mapinang tempat tumpukan sampah tidak cocok sebab lokasi tersebut dekat dengan pemukiman masyarakat," kata Fransiskus kepada Mentawaikita.com, Selasa (4/12).

Tidak adanya TPA di Sikakap diakui Fransiskus membuat warga membuang sampah ke laut atau pinggir jalan. Kondisi ini memprihatinkan karena akan merusak ekosistem laut serta lingkungan. "Untuk itu saya mengimbau masyarakat jangan lagi membuang sampah ke laut, sebagai alternatif tempat pembuangan sampah kita minta agar sampah rumah tangga dibakar atau dikubur," katanya.

Sementara Sekretaris Desa Sikakap, Hermeliana Saragi, mengatakan Pemerintah Desa Sikakap memang telah membeli sebidang tanah di Dusun Mapinang, rencana awal untuk dijadikan TPA sampah karena tanah itu bermasalah dan dekat pemukiman masyarakat maka sampai sekarang tanah itu tidak dipakai, katanya.

BACA JUGA