Tak Ada Dana Operasional, Pasar Kecamatan Sikakap Belum Difungsikan

Tak Ada Dana Operasional Pasar Kecamatan Sikakap Belum Difungsikan Pasar Kecamatan Sikakap yang belum digunakan. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Pasar Kecamatan Sikakap di Dusun HVA Desa Sikakap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai sampai saat ini belum difungsikan karena tidak ada dana operasional. Pasar Kecamatan Sikakap dibangun sejak 2016  oleh Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang sarana perdagangan.

Tahun ini, Pemerintah Kecamatan Sikakap telah mengusulkan dana operasional pasar Kecamatan Sikakap sebesar Rp 60 juta tapi tidak disetujui. "Operasional pasar kita butuh dana Rp 60 juta untuk menggaji empat petugas pasar, Pemerintah Kecamatan Sikakap telah mengusulkan dana operasional pasar kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun ini tapi ditolak, karena tidak ada dana untuk sementara operasional pasar Kecamatan Sikakap ditunda dulu," kata Fransiskus Sakaletuk, Camat Kecamatan Sikakap, Selasa (4/12).

Ia menyebutkan, dana tersebut gunanya untuk membayar empat orang petugas pasar seperti petugas kebersihan dan keamanan pasar, dan operasional pasar Kecamatan Sikakap selama satu tahun. Saat ini pasar Kecamatan Sikakap, di Dusun HVA memang sudah diserahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Kecamatan Sikakap. Dana operasional pasar Kecamatan Sikakap diusulkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Fasilitas Pasar Sikakap saat ini cukup lengkap, ada los pedagang dan kantor.

Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Kepulauan Mentawai No. 16 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Pasar Kecamatan, setiap pedagang wajib membayar retribusi pasar Rp2.500 per kios setiap hari. "Yang perlu digarisbawahi walaupun pasar Sikakap sudah diserahkan sepenuhnya ke Pemerintah Kecamatan tapi dana operasional Pemerintah Kecamatan tidak bisa digunakan untuk dana operasional pasar, untuk sementara terpaksa pengunaan pasar Kecamatan Sikakap ditunda dulu operasional sampai dana ada," katanya.

BACA JUGA