PLTS Cimpungan Hanya Hidup Siang Hari

PLTS Cimpungan Hanya Hidup Siang Hari Batrei penampung daya PLTS di Cimpungan. (foto: rinto/mentawaikita.com)

CIMPUNGAN--Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Cimpungan Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai bantuan Dinas Perindakop dan UMKM hanya bisa hidup di siang hari.

Yustinus Rencek, warga Cimpungan mengatakan bantuan PLTS di desanya ada dua tempat, namun tinggal satu unit yang hidup dan satu unit lagi sudah mati total. "Yang mati total ini yang berada posisinya ke bawah dan sudah lama matinya, tak tahu apa penyebabnya, kalau PLTS yang berlokasi di atas hidup tapi hanya siang hari saja, malam hari tidak mampu hidup," katanya pada Mentawaikita.com, Minggu (2/12).

Menurut Yustinus, penyebab PLTS yang berada di atas hanya hidup siang hari karena batrei untuk menampung daya sudah tidak bagus lagi. "Hidup matahari pagi, hidup pula lampu kita, hilang matahari mati semua karena PLTS ini sudah lama, sudah masuk 7-8 tahun lamanya ada, seharusnya pergantian baterai lagi," ujarnya.

Kondisi ini, menurut Recek membuat fasilitas PLN dibutuhkan di Cimpungan. “Maunya PLN masuk ke sini, tapi masih susah juga karena jalan dari Saibi hingga Cimpungan belum ada," katanya.

Salah seorang warga Cimpungan, Jerpi Saguntung (33), mengaku kehadiran PLTS ini sudah sangat membantu penerangan di Cimpungan. "Siang hidup itu kita bisa nonton TV dan hidupkan musik dayanya sangat kuat, tapi malamnya mati padahal kita butuh penerangan itu malam, tapi beginilah kondisi kami di sini," ujarnya.            

BACA JUGA