Warga Cimpungan Mulai Panen Cengkeh

Warga Cimpungan Mulai Panen Cengkeh Warga Cimpungan jemur cengkeh di tepi jalan (Foto : Rinto/mentawaikita.com)

 

CIMPUNGAN—Warga Desa Cimpungan, Kecamatan Siberut Tengah mulai panen cengkeh pada Desember ini. Cengkeh merupakan komoditas andalan warga dari Cimpungan hingga Sirilogui.

Panen tersebut telah lama ditunggu-tunggu warga setempat, batang cengkeh tersebar dari bukit Cimpungan hingga ke Sirilogui.

"Sedang kita mulai panen, tapi tidak panen raya, sama dengan masa panen tahun-tahun sebelumnya,” kata Yustinus Rencek, mantan kepada desa Cimpungan kepada Mentawaikita.com Minggu (2/12/2018).

Yustinus Rencek mengaku, dirinya memiliki kebun cengkeh namun panen buahnya tidak beraturan. Pada 1 batang cengkeh hanya 1-4 dahan yang berbuah.

“Ada juga beberapa pohon maksimalnya kalau dikumpulkan perpohon dipanen dapat 1 kilogram cengkeh yang sudah kering, lumayanlah untuk kebutuhan kita di hari raya natal dan tahun baru ini," ujarnya.

Eben Sakerengan (30), warga Cimpungan menyebutkan masa panen cengkeh tahun ini ada yang sedang panen ada lagi masih menunggu waktu panen yang di perkirakan tahun depan"buahnya pun tidak banyak tahun depan kita panen lagi"ujarnya.

Jerpi Saguntung(33) Warga Sirilogui yang tinggal di Cimpungan juga mengaku di Sirilogui buah cengkeh juga tidak menentu hanya sebagian saja yang menunggu panen ini.

“Ada juga sebagian termasuk kami pohon cengkeh tidak berbuah dan malah daun pohon cengkeh yang berubah jadi warna kuning semua dan berguguran, kita tidak tahu apa penyebabnya,"katanya.

BACA JUGA