Warga Sinaka Terima 24 Ton Rastra

Warga Sinaka Terima 24 Ton Rastra Beras Sejahtera untuk warga Desa Sinaka di gudang Boriai (Foto : Leo/mentawaikita.com)

MATOBAT-Warga Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan menerima beras sejahtera (rastra) tahap kedua sebanyak 24 ton yang dikemas dalam karung masing-masing berisi 20 kilogram.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Pemdes Sinaka, Harisman Samaloisa mengatakan, rastra itu akan dibagikan untuk 11 dusun dengan penerima sebanyak 630 kepala keluarga. Dusun-dudun itu yakni Mabolak, Mangka Baga, Mangka Ulu, Matotonan, Sinaka Korit Buah, Kosai Bagat Sagai, Bagat Sagai, Boriai, Matobat, Bubuget dan Aban Baga. Rastra diterima di Boriai Desa Sinaka pada 15 November.

"Masing-masing kepala keluarga menerima 35 kg, jumlah penerima tahap kedua ini sama dengan penerima tahap pertama pada Mei yang lalu," katanya kepada Mentawaikita.com, Selasa (27/11/2018).

Rastra tersebut diangkut dengan kapal dari Padang kemudian disimpan di gudang Boriai kemudian masing-masing dusun menjemput beras sesuai dengan kuota masing-masing menggunakan speed boat. Harga penjualan di gudang Rp10 ribu per kilogram untuk 1 karung beras.

"Uang tersebut adalah untuk upah bongkar muat dan transportasi bot dari kapal ke gudang bukan harga beras," ujarnya.

Penetapan harga transportasi laut pengangkutan rastra sesuai dengan kesepakatan warga dusun dengan mempertimbangkan jarak tempuh.

Harisman mengatakan, rastra itu sebenarnya gratis tetapi karena di Mentawai upah angkut dan bongkar di pelabuhan tidak ditanggung oleh Bulog sehingga warga dikenakan harga pengganti biaya yang dikeluarkan.

BACA JUGA