Desember Diperkirakan Harga Bahan Pokok di Saibi Siberut Tengah Akan Naik

Desember Diperkirakan Harga Bahan Pokok di Saibi Siberut Tengah Akan Naik Jhon Gea pedagang di Saibi Samukop sedang melayani pembeli yang beli cabai. (foto: rinto/mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP -Menjelang memasuki hari raya Natal dan Tahun baru, harga bahan pokok di Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih stabil.

Harga bahan pokok yang di terapkan pedagang saat ini di Saibi Samukop, beras panda Rp130 ribu perkarung isi 10 kg, gula pasir Rp15 ribu perkilo, minyak tanah Rp8 ribu perliter, minyak Manis Rp14 ribu perkilo.

Selain itu bawang merah Rp40 ribu perkilo, cabe merah Rp60 ribu perkilo, telur Rp2 ribu perbutir, garam merek dolphin Rp8 ribu perbungkus, tepung beras Rp8 ribu perbungkus, terigu Rp10 ribu perkilo dan tepung kemasan Rp12 ribu perbungkus.

"Harga bahan pokok sekarang ini masih stabil dan yang biasa kita terapkan, barang kita ini dari Siberut Selatan di datangkan dari padang, kita belum tahu kenaikannya nanti jika memasuki bulan Desember," kata Jhon Gea (41), pedagang di Saibi Samukop pada MentawaiKita.com, Jumat (23/11/2018.

Berdasarkan pengalaman Jhon, setiap memasuki hari raya dan tahun baru harga bahan pokok selalu terjadi kenaikan. "Memasuki bulan Desember yang sering naik itu harga gula pasir dari Rp15 ribu perkilo naik harga Rp1000 selebihnya masih stabil dan bahkan bisa jadi turun salah satunya harga beras," ujarnya.

Adrianus Lase (48) pedagang lainnya menyebutkan meski harga barang masih relatif stabil yang pastinya ketika sekitar tanggal 1 Desember beberapa barang akan mengalami kenaikan harga, seperti telur dan tepung. "Tapi sekarang masih belum bisa kita prediksi berapa kenaikannya nanti yang jelas pasti ada kenaikan harga di bulan Desember," ujarnya.

Namun untuk harga barang di Padang,tambah Adrianus sampai saat ini belum mengalami kenaikan. "Kemarin ini barang kita beli langsung dari Padang, jadi belum ada kenaikan dan masih stabil seperti semula," katanya.

BACA JUGA