Tertibkan Baliho, Panwaslu Siberut Selatan Akan Surati Parpol

Tertibkan Baliho Panwaslu Siberut Selatan Akan Surati Parpol Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Siberut Selatan Kepulauan Mentawai. (Foto: Hendrikus Bentar/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT--Ketua Panwaslu Kecamatan Siberut Selatan Kepulauan Mentawai, Eujenius Sakukuret menyatakan saat ini banyak muncul baliho kampanye partai politik dan calon legislatif yang masih belum sesuai aturan.

Namun pihaknya belum akan melakukan penertiban langsung tapi akan menyurati terlebih dahulu partai politik di daerahnya. "Kami dari Panwaslu akan surati (parpol) namun ada beberapa partai tidak memiliki sekretariat,,ini menjadi kesulitan kami untuk berkomunikasi kepada pengurus partai,.

Ia berharap pengurus partai mematuhi aturan dan pemilihan kedepan tidak ada masalah berjalan lancar sesuai dengan aturan katanya.

Sementara itu, Bawaslu Kepulauan Mentawai melakukan sosialisasi di Muara Siberut, Siberut Sleatan untuk mengantisipasi pelanggaran selama masa pelaksanaan Pemilu 2019.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya pelanggaran yang dilakukan oleh partai politik karena selama ini sudah banyak alat peraga kampanye (APK) yang letak dan ukurannya tidak sesuai dengan aturan," kata Firdaus Satoinong, anggota Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengingatkan pegawai pemerintah (ASN) kepala dusun, kepala desa dan BPD untuk tidak ikut-ikut berkampanye tapi hanya boleh mengawasi saja.

Selain itu, ia juga mengingatkan partai politik dan para caleg memasang alat peraga kampanye di tempat yang sudah diizinkan sesuai aturan dan tidak memasang di tempat ibadah seperti gereja, sekolah dan kantor pemerintah.

BACA JUGA