Belum Ada Desain Sah, Bawaslu Mentawai Segera Tertibkan Alat Peraga Kampanye Caleg

Belum Ada Desain Sah Bawaslu Mentawai Segera Tertibkan Alat Peraga Kampanye Caleg Alat peraga kampanye caleg di Pelabuhan Syahbandar Sikakap Kepulauan Mentawai. (Foto: Supri Lindra/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP---Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menertibkan alat peraga kampanye (APK) para calon legislatif karena belum adanya desain resmi APK dari KPU Mentawai.

Anggota Bawaslu Mentawai, Firdaus Risman Satoinong menegaskan, sejak jadwal kampanye dimulai 23 September oleh KPU Mentawai, alat peraga kampanye partai politik dan caleg yang bertebaran di kecamatan belum desain sah KPU.

"Sampai saat ini, koordinasi kita ke KPU Mentawai, peserta pemilu belum ada yang memberikan desain APK secara sah. Biasanya desain APK ini disampaikan ke KPU lalu ditembuskan ke Bawaslu, sekarang ini masih desain sendiri partai politik dan malah caleg itu sendiri yang mencetaknya yang sebenarnya itu tidak boleh," katanya pada MentawaiKita,com Sabtu (17/11).

Pihaknya, lanjut Firdaus menginginkan APK partai Politik dan caleg peserta pemilu yang bertebaran sudah desain yang sah dan resmi sesuai ketentuan KPU Mentawai. "Maunya kita desain yang sah dan legal, sampai sekarang ini partai politik dan caleg belum memberikan desain itu secara resmi sesuai desainnya KPU," jelasnya.

Dalam melakukan penertiban APK tersebut, tindakan yang telah dilakukan dalam dua minggu yang lalu, sudah menyurati peserta partai politik untuk menertibkan APKnya.

"Terhitung sampai saat ini kita masih berikan dispensasi waktu, berkemungkinan minggu depan kita akan melakukan penertiban secara global dengan tim yang terdiri dari Bawaslu, Satpol Pp dan kepolisian, ini kita prioritaskan di kabupaten yang disertai di tingkat kecamatan," ujarnya.

Sementara itu untuk ukuran alat peraga kampanye pemilu yang telah ditentukan yang terdiri dari videotron, baliho dan billboard 4 m x 7 m, spanduk 1.5 m x 7 m dan umbul-umbul 6 m x 7 m.

BACA JUGA