Bawaslu Mentawai Minta Warga Ikut Mengawasi Pemilu dan Laporkan Pelanggaran

Bawaslu Mentawai Minta Warga Ikut Mengawasi Pemilu dan Laporkan Pelanggaran Anggota Bawaslu Mentawai, Firdaus Risman Satoinong memberikan sosialisasi pengawasan pemilu kepada masyarakat di Kecamatan Siberut Tengah. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama pengawas pemilu tingkat kecamatan menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 di Siberut Tengah, Sabtu (17/11).

Divisi Pengawasan dan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Mentawai, Firdaus Risman Satoinong menjelaskan, sesuai amanah UU Pemilu No. 7 Tahun 2017, Bawaslu memiliki peran pemgawasan, pencegahan dan penindakan terhadap setiap pelanggaran pemilu.

Sebab, setiap pelaksanaan pemilu sangat rentan dengan pelanggaran-pelanggaran sehingga perlu dilakukan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kepada masyarakat. "Kerentanan pelanggaran pemilu ini perlu kita sosialisasikankepada masyarakat agar membantu kita dalam melakukan pengawasan pemilu ini karena partisipasi pengawasan dari masyarakat sangat kita butuhkan," katanya.

Bawaslu, lanjut Firdaus memiliki hak menindak dan menyelesaikan proses dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi. "Kita berharap kepada masyarakat jangan ada yang terlibat pelanggaran pemilu,karena jika ini terjadi semuanya akan ditinggalkan termasuk keluarga, ini yang kita akan antisipasi agar tidak terjadi," ujarnya.

Masyarakat juga dapat melaporkan setiap pelanggaran pemilu kepada Pangawas Pemilu di kecamatan dan Panwascam menindaklanjutinya di Bawaslu Mentawai untuk segera diproses.

Ketua Panwascam Siberut Tengah, Parlindungan Sakerengan mengharapkan dengan sosialisasi ini asyarakat dapat memahami dan berkoordinasi kepada Panwas tentang tahapan-tahapan dan dugaan pelanggaran pemilu. "Koordinasi dan saling kerjasama dalam pengawasan agar proses pelaksanaan pemilu khusus di Siberut Tengah aman dan tanpa ada masalah," katanya.

BACA JUGA