Surya Marlina: Dapodik Menjadi Wajah Asli Sekolah

Surya Marlina Dapodik Menjadi Wajah Asli Sekolah Surya Marlina dari LPMP Padang memberikan penjelasan kepada guru. (foto: bambang/mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Baik dan buruknya kondisi sekolah secara keseluruhan akan terlihat dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan) masing-masing sekolah yang di update minimal satu kali dalam satu semester. Hal itu dikatakan Surya Marlina, dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Padang pada Mentawaikita.com, Sabtu, 17 Nopember 2018 disela acara monitoring pelaksanaan pelatihan penerapan kurikulum 2013 (K13) yang diikuti lima SMP di Siberut Utara dan Siberut Barat.

"Kejujuran sekolah ada terlihat dan dibutuhkan disana," katanya pada Mentawaikita.com, Sabtu (17/11/2018).

Kondisi sekolah, baiknya dilaporkan oleh sekolah secara jujur dan apa adanya. Karena ketika pelaporan sekolah tidak jujur akan berpengaruh terhadap kebijakan yang diambil dari Kementerian Pendidikan, LPMP dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kalau jumlah siswanya sedikit ya sampaikan sedikit. Kalau kindisi sekolahnya baik maka sampaikan baik. Kalau dekat kecamatan atau pusat kabupaten maka sampaikan apa adanya, " katanya.

Lebihlanjut dikatakan Surya Marlina, sekolah saat ini tidak punya alasan untuk tidak mengupdate kondisi sekolah pada data pokok pendidikan karena hampir semua tempat sekolah berdiri sudah ada jaringan pendukung untuk mengakses internet.

"Sudah ada wifi gratis disekolah atau dilayanan kesehatan. Sudah ada operator masing-masing sekolah. Kalaupun tidak ada jaringan wifi tapi sudah ada jaringan telkomsel atau sudah bisa menjangkau jaringan ditempat terdekat," katanya.

Semakin jujur pelaporan sekolah maka semakin baik kebijakan yang diambil dari pusat hingga daerah tempat sekolah bernaung. "Apalagi pada K13 semua sudah pakai aplikasi, mulai dari nilai siswa, data guru hingga data umum sekolah. Termasuk dana Bos, " katanya.

BACA JUGA