Direktur Polinela Rencanakan Akan Buka Prodi D.III dan Strata Terapan di Mentawai

Direktur Polinela Rencanakan Akan Buka Prodi DIII dan Strata Terapan di Mentawai Direktur Politeknik Negeri Lampung, Sarono sedang mewisuda mahasiswa. (foto: Patrisius/mentawaikita.com)

TUAPEIJAT- Direktur Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Sarono rencanakan akan membuka Program Studi (Prodi) Diploma III (D.III) dan Strata Terapan di Kabupatenten Kepulauan Mentawai melalui Program Studi Di luar Domisili (PDD) Polinela Mentawai. Hal ini disampaikan saat wisuda ahli muda pertama PDD Polinela Mentawai 2018.

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Riset, Tegnologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Permenristekdikti RI) nomor 1 tahun 2017, dimana ada perubahan kebijakan bahwa PDD yang memenuhi syarat, dalam waktu yang tidak terlalu lama, akan berubah menjadi Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU).

"Dengan terbitnya permen ini, tentu menjadi tantangan tersendiri sekaligus peluang bagi kita bersama. Di satu sisi, kita harus segera berbenah dan bekerja lebih keras lagi. Di sisi lain, kita bisa membuka prodi baru setara Diploma III dan sarjana Terapan, yang tentunya sangat diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Direktur Polinela, Sarono, pada Kamis (15/11/2018) di Aula Bappeda Mentawai, Km 5 Sipora Utara.

Ia menjelaskan nantinya akan diproses oleh pihaknya untuk membuka peluang prodi baru guna meningkatkan kualitas pendidikan baik yang ada di luar Mentawai maupun di Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebagai daerah yang Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).

Ia juga menyampaikan bahwa keberhasilan yang dicapai saat ini. Sekaligus merupakan titik awal bagi wisudawan -- wisudawati untuk melangkah kedepan mendharma - bhaktikan diri kepada nusa dan bangsa, agama dan Negara, terutama di kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Dengan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap yang diperoleh, serta pengalaman pengalaman selama mengikuti pendidikan di PDD Polinela Kabupaten Kepulauan Mentawai ini, saya percaya bahwa mereka (wisudawan) mampu menghadapi tantangan yang ada dalam masyarakat dan dunia industri, sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Mampu berkontribusi secara nyata, menciptakan lapanagan kerja, baik untuk diri sendiri maupun orang lain," kata Sarono.

Ia juga mengucap terima kasih kepada orang tua/wali wisudawan, yang telah mempercayai PDD Polinela di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dalam mendidik putera -- puterinya. Kepada para tenaga pengajar, kepada para wisudawan yang telah mengikuti proses pembelajaran, dan menjadi warga kampus yang baik. Juga kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai serta seluruh jajaran pemerintah Mentawai yang telah memberikan dukungannya baik secara langsung maupun tidak langsung.

BACA JUGA