7.955 Warga Mentawai Belum Masuk Dalam DPT Pemilu 2019

7955 Warga Mentawai Belum Masuk Dalam DPT Pemilu 2019 Komisioner KPU Mentawai menyerahkan DPTHP II rapat pleno penetapan DPT yang digelar KPU Mentawai kepada Kepala Disdukcapil Mentawai, Tarcisius Sakeru, Selasa (13/11). (Foto: Patrisius Sanene/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT--Sebanyak 7.955 warga Mentawai belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, karena belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

"Karena syarat untuk menyalurkan hak pilihnya harus memiliki KTP Elektronik, kalau tidak memiliki KTP tidak bisa memilih, kita mendorong agar masyarakat segera melakukan perekaman," kata Eki Butman, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Selasa, (13/11).

Data 7.955 tersebut berasal dari data turunan Kemendagri dan data hasil gerakan menyelamatkan hak pilih yang disosialisasikan KPU Mentawai hingga ke tingkat desa dan data tersebut masuk dalam daftar pemilih potensial yang belum memiliki KTP dan NIK sehingga jika tidak segera melakukan perekaman maka akan kehilangan hak pilihnya.

"Data 7.955 tidak kita hilangkan dan kita buat Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tetap disimpan dalam database KPU, dan kita tetap dorong agar masyarakat untuk melakukan perekaman, kalau belum memiliki KTP bisa dikeluarkan Suket (Surat Keterangan) oleh Disdukcapil," kata Eki Butman.

Sementara Tarcisius Sakeru, Kepala Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Mentawai mengimbau ada kesadaran untuk melakukan perekaman. "Kita berharap semoga ada masyarakat yang sadar untuk melakukan perekaman KTP," kata Tarci pada Selasa, (13/11).

Dari data 7.955 angka masyarakat yang belum masuk dalam DPT atau belum memiliki KTP dan NIK paling banyak tersebar di Kecamatan Sipora Utara sebanyak 1.475 jiwa. Kemudian disusul Pagai Selatan sebanyak 998 jiwa, Siberut Utara ada 920 jiwa, lalu Pagai Utara ada 865 jiwa, Siberut Barat ada 757 jiwa, Siberut Tengah 727 jiwa, Sipora Selatan 672 jiwa. Kemudian Sikakap ada 666 jiwa, Siberut Barat Daya 451 jiwa, dan Siberut Selatan ada 424 jiwa.

BACA JUGA