Bawaslu Mentawai Sebut Banyak APK Milik Parpol Tidak Sesuai Ketentuan

Bawaslu Mentawai Sebut Banyak APK Milik Parpol Tidak Sesuai Ketentuan Alat peraga kampanye milik para caleg yang terpasang di pagar Pelabuhan Syahbandar Sikakap. (Foto: Supri Lindra/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kepulauan Mentawai menyatakan Alat Peraga Kampaye (APK) milik partai politik yang sudah terpasang di area publik tidak sesuai dengan ketentuan dari KPU.

"Pantauan kami (Bawaslu Mentawai) APK yang dicetak oleh parpol yang sudah terpajang tidak sesuai dengan ketentuan KPU seperti ukuran dan desainnya," kata Firdaus Satoinong Divisi Pengawasan dan Hubungan Masyarakat dan antar lembaga, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Selasa, (13/11).

Pihak Bawaslu melalui Firdaus Satoinong memberikan batas waktu seminggu dari saat ini untuk membuka atau mencabut APK yang telah dipasang di tempat umum.

"Kita berharap parpol secara bersama-sama mengikuti aturan yang sudah ada, kalau kita suruh cabut APKnya besok sebenarnya bisa tapi tentu kita akan surati dulu," kata Firdaus.

Jan Winnen Sipayung, pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepulauan Mentawai menanggapi positif atas peringatan Bawaslu Mentawai atas APK yang juga dimiliki partainya tak sesuai ketentuan KPU.

"Kita tetap konsisten, kita sangat setuju apa yang dikatakan Bawaslu, tetapi kita berharap konsisten ke semua parpol," kata Jan Winnen Sipayung pada Selasa, (13/11).

Kemudian Sandang Paruhum Simanjuntak, pengurus DPC Partai Gerinda Kabupaten Kepulauan Mentawi juga menanggapi positif atas masukan Bawaslu Mentawai.

"Kita ikut saja dengan aturan, kalau ada yang salah kita disuratilah, yang penting satu hal lagi harus peringatan ini harus seragam disampaikan kepada semua parpol, intinya komunikasi yang penting," kata Sandang pada Selasa, (13/11).

BACA JUGA