DPT Pemilu 2019 di Mentawai Bertambah 1.055 Jiwa

DPT Pemilu 2019 di Mentawai Bertambah 1055 Jiwa Komisioner KPU Mentawai menandatangi berita acara pada rapat pleno penetapan DPTHP 2 di Hotel Jelita. (foto: patrisius/mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Kepulauan Mentawai bertambah dari 55.151 menjadi 56.206 atau 1.055 pemilih, jumlah ini telah ditetapkan KPU Kabupaten Mentawai pada perbaikan DPT untuk kedua kalinya melalui rapat pleno yang digelar di Aula Jelita pada Selasa, (13/11).

Pada pertengahan September 2018 lalu KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai menetapkan DPT hasil perbaikan pertama atau DPTHP-I sebanyak 55.151 pemilih. Jika dikalkulasikan DPT hasil perbaikan kedua ini mengalami kenaikan angka dibanding perbaikan pertama, kenaikan angka DPT hasil perbaikan pertama dan kedua sebanyak 1.055.

Adanya penetapan DPT hasil perbaikan kedua tersebut menurut KPU Kabupaten Kepulauan karena semangat perbaikan data pemilih, apalagi adanya gerakan menyelematkan hak pilih yang digagas oleh KPU Republik Indonesia.

Penambahan angka ini juga hasil tindak lanjut KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai terhadap data turunan dari Kemendagri sebanyak 8.961 yang terdeteksi belum memiliki memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E), juga ditambah hasil sosialisasi dari gerakan menyelamatkan hak pemilih.

Dengan adanya data turunan dari Kemendagri dan gerakan menyelamatkan hak pemilih ini kemudian operator Sidalih KPU Kabupaten melakukan sinkronisasi pada sistim data di Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ditemukan ada sebanyak 1.055 penduduk ternyata telah memiliki KTP Elektronik dan bisa memiliki hak pilih menggunakan KTP Elektronik, sisanya masih diupayakan untuk memperoleh hak pilih.

Eki Butman, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan berharap agar masyarakat yang belum memiliki KPT Elektronik dapat segera melakukan perekaman. "Data yang terdeteksi belum memiliki NIK atau KK ini kita dorong agar segera melakukan perekaman," kata Eki Butman pada sesi dialog dengan peserta sebelum rapat pleno.

Kata Eki Butman, jika sudah ada warga yang melakukan perekaman dan memiliki KTP nantinya maka akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb). "Kalau ada masyarakat yang melakukan perekaman maka kita masukan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Kemudian terkait dengan DPTHP -II sebanyak 56.206 yang sudah disepakti dan ditandatangai masing-masing pengurus oleh partai politik, Bawaslu, Disdukcapil, instansi lain akan ditetapkan di KPU Sumatera Barat pada Rabu, (14/11).

Berikut hasil rekapitulasi DPTHP 2 di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kecamatan Pagai Utara ada sebanyak 3.700 pemilih, Sipora Selatan ada sebanyak 6.871 pemilih, kemudian di Siberut Selatan ada 6.557 pemilih.

Selanjutnya Siberut Utara ada 5.354 pemilih, Siberut Barat ada 4.416, Siberut Barat Daya 4.590, lalu Siberut Tengah 4.350 pemilih, Sipora Utara ada 6.854 pemilih, kemudian Sikakap ada 6.990 dan di Kecamatan Pagai Selatan 6.524 pemilih.

BACA JUGA