Sate Lilit Mentawai yang Kenyal dan Lezat

Sate Lilit Mentawai yang Kenyal dan Lezat Sate lilit khas Mentawai (Foto : Rus/mentawaikita.com)

MAILEPPET-Icip-icip siput bakau ini ternyata memiliki kenikmatan tersendiri, habitatnya di rawa-rawa hutan bakau sangat banyak ditemukan di Mentawai, bagi kelompok ibu-ibu Dasa Wisma Anggrek I, Dusun Bat Joja, Desa Maileppet, Kabupaten Kepulauan Mentawai menyulap siput itu menjadi sate yang sangat gurih.

Warna hitam, hijau dan putih ini kalau dimakan terasa kenyal tapi gampang dikunyah. Menurut Martina Rama (40) membuat sate siput ini terlebih dahulu direbus bersama dengan sarangnya. "Ini tujuannya agar siput tersebut tidak berlendir, kemudian dikeluarkan dari sarangnya lalu dibersihkan," katanya pada Mentawaikita.com saat menyambangi stan tersebut, jumat (2/10/2018)

Untuk merebus siput tersebut agar keluar lendirnya akan memakan waktu sekira 15 menit. Kalau sudah dibersihkan itu akan dijadikan sate dengan menusuk sekira 10 ekor, lalu siput tersebut dipanaskan dalam bara api, agar tidak hambar dikasih garam secukupnya.

"Lalu bumbu lain berupa bumbu tradisional Mentawai mengiris sama bawang merah, bawang bombai, kemudian cabai rawit dan kecap, lalu dicampur dalam wadah, setelah disiram air panas. Kalau itu sudah dilakukan maka siput yang sudah dibakar dicelupkan ke bumbu yang sudah disiapkan," terangnya.

Rasanya begitu lezat apalagi dicampur dengan nasi, rasa manis dan pedas bercampur jadi satu menjadikan sate lilit Mentawai makanan favorit banyak orang Mentawai

BACA JUGA