Mempertahankan Motif Mentawai dalam Selembar Kain

Mempertahankan Motif Mentawai dalam Selembar Kain Kain batik motif Mentawai. (Foto: Bambang Sagurung/Mentawaikita.com)

MUNTEI-Kelompok Usaha Bersama (KUB) Toroiji Kecamatan Siberut Selatan memamerkan batik tulis motif Mentawai pada acara Festival Pesona Mentawai yang dilaksanakan di Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, 1-4 November 2018.

Kain batik yang ditampilkan dalam bentuk kain dasar seukuran kain pantai, sapu tangan maupun ikat kepala.

"Kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan batik tulis Mentawai," kata Veronika, salah seorang pengurus KUB Toroiji pada Mentawaikita.com, Rabu, 31 Oktober 2018.

Dikatakan Vero, motif yang ditampilkan dalam batik tulis pada dasar kain ukuran kain pantai yaitu jaraik dan tato. Sedangkan pada kain untuk sapu tangan atau ikat kepala ada murou-rou (memanah), muabak (bersampan), pengantin, sikerei, uma.

"Untuk warna batiknya ada merah, hitam, kuning, biru," katanya.

KUB Toroiji ini merupakan kelompok ibu-ibu yang mengikuti pelatihan di Balai Diklat Industri Padang, Mei lalu. Setelah mengikuti pelatihan, ibu-ibu yang awalnya berjumlah 35 orang langsung mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh dengan dikomandoi Mariani.

"Bulan Juli lalu kita langsung produksi dan hasilnya sudah kita kirimkan pada Dinas Perindakop sebanyak 100 lembar, " katanya.

Untuk harga batik tulis Mentawai ukuran kain pantai karena masih promosi Rp250 ribu per helai, sedangkan sapu tangan atau ikat kepala Rp25 ribu per helai. Sedangkan pewarna yang dipakai saat ini masih pewarna sintesis.

"Ada rencana ke depannya membuat pewarna alami," katanya.

Sedangkan proses pembuatan batik tulis Mentawai untuk sapu tangan atau kain pantai hanya membutuhkan waktu setengah hari. Sedangkan untuk batik tulis ukuran kain pantai memakan waktu satu hari. Namun, yang membuat lama proses membuatnya terletak pada pengeringan hasil penggambaran, canting, pemberian warna, waterclas dan pengeringan sebelum dimasak.

"Setelah dimasak baru dijemur sekira satu hari agar mendapatkan hasil yang baik, " katanya.

BACA JUGA