Menikmati Pesona Pantai Jati

Menikmati Pesona Pantai Jati Pantai Jati, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara. (Foto : Suntoro/mentawaikita.com)

TUAPEIJAT—Di akhir pekan, Pantai Jati yang berada di kawasan kampung Jati Km 0 Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara selalu ramai oleh para pengunjung dan para wisatawan asing maupun lokal.

Pantai ini cukup panjang dan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua untuk menuju bagian ujung pantai (tanjung). Pantai Jati memang menawarkan suasana yang cukup menyenangkan. Selain itu, para pengunjung juga tak perlu bingung mencari kuliner atau jajanan. Pasalnya, di pinggir pantai ada warung juga yang menjajakan kue-kue atau gorengan yang sering datang ke pantai Jati.

Udara di lokasi pantai ini sangat sejuk. Di pinggiran jalan berderet pohon rindang termasuk pohon kelapa yang menjulang. Sehingga, para pengunjung terhindar dari sengatan matahari.

Tak sampai di situ, di sekitar pantai ada akar pohon yang bisa dijadikan tempat duduk sekadar berteduh di rindangnya daun kelapa. Sehingga menjadi tempat duduk santai bagi para pengunjung sambil menikmati debur ombak di laut. Canda para bocah dan gadis kecil yang asyik berlari dan bermain di atas pasir terdengar riuh rendah seakan mengimbangi suara deburan ombak.

Yuliana Fitri (27), salah satu pengunjung Pantai Jati melukiskan, pantai itu indah, bersih, banyak acara yang diselenggarakan, sangat cocok untuk tempat bersantai dan juga enak sebagai tempat nongkrong serta strategis untuk wisata.

"Pantainya indah ya, kemudian banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat dan juga strategis sebagai tempat wisata," katanya pada Mentawaikita.com di pantai Jati, Minggu (28/10/2018).

Ia juga bercerita, bahwa yang menarik di pantai jati adalah keindahan lautnya, dirinya hampir setiap hari menyempatkan diri untuk nongkrong di pantai Jati bersama rekan-rekannya.

"Iya hampir tiap hari, nongkrong di sana, kebetulan kita tinggal di sekitar Kampung Jati, jadi dekatlah untuk main kesana sama teman-teman," ujarnya.

Ia menambahkan, jajanan yang mahal di sekitar pantai Jati itu martabak mesir hingga merogo kocek Rp20 ribu, dan yang murah itu hanya harga Rp10 ribuan.

Di kala senja, pengunjung bisa menikmati semburat emas di langit dari Pantai Jati saat matahari mulai terbenam. Sungguh pemandangan sunset yang memukau.

Para pengunjung juga tidak perlu repot saat ingin berkunjung ke tempat ini. Pantai Jati ini bisa diakses dengan mudah dalam waktu singkat, apabila sudah berada di Tuapeijat, Sipora Utara bisa ditempuh 5 -- 10 menit saja.

Namun jika kita dari Kota Padang naik kapal MV. Mentawai Fast, bisa kurang lebih 3 jam sampai di pelabuhan Tuapeijat, maka sudah dekat dengan pantai Jati.

Namun jika melalui kapal antar pulau dari pulau Siberut atau Pulau Sikakap kurang lebih 8 -- 9 jam, kalau cuaca bagus maka akan semakin cepat. Untuk memasuki pantai Jati tidak usah takut karena tidak dipungut biaya masuk, termasuk uang parkir tidak ada.

BACA JUGA