Formma Sumbar Gelar Kegiatan Seminar Lingkungan Hidup dan Penaman Bakau di Siberut Tengah

Formma Sumbar Gelar Kegiatan Seminar Lingkungan Hidup dan Penaman Bakau di Siberut Tengah Seminar Lingkungan hidup yang diadakan Formma Sumbar kepada pelajar siberut Tengah. (foto: rinto/mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP-Forum Mahasiswa Mentawai Sumatera Barat (Formma Sumbar) menggelar kegiatan Seminar Lingkungan Hidup kepada Pelajar dan menanam manggrove (bakau) di Pantai Saibi Samukop, Siberut Tengah dengan tema "Generasi Muda Peduli Kawasan Pesisir Mentawai".

Kegiatan tersebut di buka langsung Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet di gereja GKPM, selasa (21/8). Selain bupati, juga di hadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sermon Sakerebau, Wakil Ketua DPRD Nikanor Saguruk, Camat Siberut Tengah Jasti Onarelius Saguruk, Kades Saibi Samukop Binsar Saririka, Alumni Formma Agusman Sanenek dan Hendri Dori Satoko dan serta warga setempat.

Menurut Bupati Yudas Sabaggalet, Formma sudah mulai berjalan sesuai yang diinginkan, kegiatan penghijauan tersebut tidak hanya dalam konteks menanam pinus atau bakau tapi ada filosofi, nilai dan makna dibalik itu dan inilah yang terpenting.

Sebagai generasi muda Mentawai, lanjut Bupati yang akan mengambil estafet kepemimpinan ke depan harus berimbang antara yang di pikirkan dalam konteks teoritis pengendalian pekerjaan. "Ini harus berimbang dan itu yang sangat bagus, maka dengan Ketua Formma kami berdiskusi untuk coba turun di lapangan," ujarnya.

Bupati menyebutkan kegiatan ini memilih daerah Saibi Samukop sekaligus juga mewakili Siberut agar mahasiswa di Formma yang dari sikakap dan Sipora harus tahu Siberut. "Kita Mentawai itu satu, kalau tidak tahu yang dari Sipora dan Sikakap tidak pernah dan mengerti Siberut kan susah juga, suatu ketika kedepan jadi calon bupati atau pemimpin yang lainnya tidak usah kampanye lagi semua sudah di kenal," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Mentawai Nikanor Saguruk mengatakan kegiatan penghijauan Formma ini sangat didukung. "Program ini menjawab program visi misi kepala daerah lima tahun kedepan yaitu penghijauan dalam artian pantai, hutan dan sebagainya, walaupun ada beberapa aturan yang kontradiksi terhadap program yang harusnya kita kerjakan ternyata tidak bisa," ujarnya.

Nikanor juga mengapresiasi semangat generasi muda mahasiswa Formma dalam melakukan terobosan atau pergerakan yang bermanfaat bagi masyarakat. "Saya kira bukan hanya kegiatan penghijauan saja tapi memunculkan kembali kegiatan-kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat banyak, sekali lagi saya mewakili pimpinan DPRD sangat mendukung kegiatan ini karena ini juga programnya nasional," ujarnya.

Nikanor juga berharap Mayarakat Mentawai terkhusus Siberut Tengah dapat mendukung agar terlaksananya kegiatan penghijauan Formma tersebut. "Jika ini sukses yang akan menikmati yang pastinya anak cucu kita kedepannya," katanya.

Camat Siberut Tengah Jasti Onarelius mengatakan kegiatan penghijauan Formma ini sangat bagus karena untuk pantai Saibi Samukop beberapa yang tumbuh seperti manggrove dan pinus masih kecil sudah di tebangi. "Kalau adek-adek sudah tanam kita jaga bersama-sama karena bila tumbuh nantinya bukan milik Formma tapi milik warga dan Siberut Tengah," katanya.

Ketua Formma Sumbar Ignasius Joko Mulyono mengatakan kegiatan penghijauan ini digelar atas kepedulian bersama wilayah pesisir Mentawai. "Kami sangat rindu agar kawasan pesisir pantai ini terhindar dari kikisan abrasi," katanya.

Joko juga berterimah kasih banyak atas Sambutan hangat dan dukungan masyarakat setempat untuk berjalannya kegiatan ini. "Sambutannya kami di sini sangat baik dan kami berterimakasih sekali termasuk juga dukungannya," ujarnya.

Formma Kemudian memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Yudas Sabaggalet ,Camat Siberut Tengah JastiOnarelius Saguruk, Kades Saibi Samukop Binsar Saririkka, Ketua BPD Saibi Samukop Melki Sanenek, Ketua Kopal Meijasman Sakailoat.

Setelah acara pembukaan, Formma langsung mengadakan seminar Lingkungan hidup dengan pesertanya pelajar SMA dan SMP Siberut Tengah. Kemudian kegiatan penanaman manggrove di Pantai Saibi Samukop akan di laksanakan Rabu (22/8).

BACA JUGA