Bupati Mentawai Segera Luncurkan Buku Pelajaran Budaya Mentawai

Bupati Mentawai Segera Luncurkan Buku Pelajaran Budaya Mentawai Murid-murid Sekolah Uma Tinambu di Dusun Tinambu, Desa Muntei, Siberut Selatan sedang belajar tanaman obat. Pelajaran ini merupakan bagian dari muatan lokal Budaya Mentawai (Foto: Ocha Mariadi)

MENTAWAI--Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet akan meluncurkan buku bahan ajar muatan lokal budaya Mentawai di Sikakap. Hal ini dikatakan Sermon Sakerebau, kepala Dinas Pendidikan Mentawai pada MentawaiKita, Jumat, 15 April lalu.

"Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional kita akan luncurkan buku bahan ajar muatan lokal di Sikakap. Bupati yang akan membuka acara tersebut," katanya kepada Mentawaikita.com, Jumat, 15 April 2016.

Peluncuran buku tersebut dilakukan di Sikakap untuk membangkitkan semangat dan mengembalikan budaya Mentawai yang telah hilang.

"Bupati minta agar penerapan muatan lokal budaya Mentawai ini diseriusi lagi terutama di daerah yang budaya Mentawainya sudah mulai hilang," katanya.

Buku muatan lokal yang akan diluncurkan ini maaih dalam bentuk kopian. "Belum dalam bentuk buku yang dicetak, namun lebih baik kita mulai dari pada tidak sama sekali," katanya.

Pelajaran muatan lokal budaya Mentawai resmi diajarkan di sekolah-sekolah tingkat dasar di daerah kepulauan itu pada 2015. Sebelumnya, sekolah-sekolah banyak mengajarkan pelajaran Budaya Alam Minangkabau.

(Bambang Sagurung)

BACA JUGA