220 Pelajar Mentawai Ikuti Olimpiade Olahraga Siswa

220 Pelajar Mentawai Ikuti Olimpiade Olahraga Siswa Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet (berjaket merah) menabuh Gajeuma tanda dimulainya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Mentawai di Sikabaluan, Siberut Utara, Senin, 11 April 2016 (Foto: Bambang Sagurung).

SIKABALUAN-Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet membuka acara Olimpiade Olahraga Siswa nasional (02SN) tingkat Kabupaten Mentawai di lapangan hijau Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara, Senin 11 April.

Bupati Mentawai kepada Mentawaikita.com mengatakan, kegiatan 02SN ini merupakan bagian dari pembentukan sumberdaya manusia Mentawai.

"Ada tiga karakter yang kita bangun di sini yaitu sportifitas, karakter kejujuran dan karakter daya juang yang tinggi," katanya usai membuka acara.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Mentawai, Sermon Sakerebau mengatakan kegiatan 02SN ini selain membentuk karakter SDM juga dalam rangka mengolahragakan masyarakat dan masyarakat yang berolahraga.

"Dari kegiatan ini nantinya ada jenis olahraga yang membawa nama Mentawai ke tingkat provinsi dan nasional," katanya.

Pelaksanaan 02SN ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan, dimana 2014 dilaksanakan di Kecamatan Siberut Selatan, 2015 di Kecamatan Sikakap dan tahun ini di Siberut Utara. "Tahun depan kita rencanakan di Kecamatan Siberut Tengah," kata Sermon.

Kegiatan O2SN ini diikuti sebanyak 220 orang peserta SMP dan SMA dan 20 orang pendamping yang berasal dari wilayah 1 yaitu Siberut Utara dan Siberut Barat, wilayah II Siberut Tengah, wilayah III Siberut Selatan dan Siberut Barat Daya, wilayah IV Sipora Utara dan Sipora Selatan serta wilayah V yaitu Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Anggaran pelaksanaan 02SN ini bersumber dari APBD Mentawai 2016 di Dinas Pendidikan Mentawai dari pelaksanaan tingkat kabupaten hingga nasional Rp924 juta.

(Bambang Sagurung)

BACA JUGA