SMAN 2 Sikakap Gunakan Pemancar Radio Rakitan untuk UN

SMAN 2 Sikakap Gunakan Pemancar Radio Rakitan untuk UN Guru SMAN 2 Sikakap sedang mengetes pemancar radio rakitan untuk menyiarkan materi listening pelajaran Bahasa Inggris pada pelaksanaan UN Tahun Ajaran 2015/2016. (Foto: Leo Marsen)

MENTAWAI—SMAN 2 Sikakap di Kabupaten Mentawai menggunakan pemancar radio rakitan untuk pelaksanaan Ujian Nasional bidang studi Bahasa Inggris khususnya materi listening.

Pemancar radio berada di ruang majelis guru dan dilengkapi tape recorder yang memutar kaset listening Bahasa Inggris dan dipancarkan kepada tiga ruangan ujian yang berjarak sekira 20 meter hingga 50 meter dari sentral.

"Perangkat radio rakitan ini sangat sederhana, dari sentral pemancar satu kaset bisa menyiarkan kepada siswa," kata Kepala SMA N 2 Sikakap Dewi Shinta kepada Mentawaikita.com, 5 April.

Perangkat radio tersebut dirakit Deri Andespa, guru kontrak yang mengajar Fisika dan Kimia di sekolah itu. Dia merakit perangkat bekas dengan biaya Rp1 juta. "Kebetulan di rumah ada bengkel elektronik dan saya gunakan dan rakit perangkat bekas menjadi pemancar radio " katanya.

"Setelah uji coba, ternyata perangkat pemancar radio bisa difungsikan untuk Ujian Nasional (UN) khususnya materi listening Bahasa Inggris," tambah Deri.

Radio ini tidak hanya digunakan untuk UN namun juga untuk siaran seperti informasi berita dan hiburan.

"Radio sekolah ini mmiliki gelombang siar 102,4 FM dengan jangkauan siarnya sampai radius 4 kilometer dengan menggunakan tenaga arus listrik 220 watt dan pakai accu 12 volt, " katanya

(Leo Marsen Purba)

BACA JUGA