Sinyal Internet Jelek, UN di Mentawai Belum Berbasis Komputer

Sinyal Internet Jelek UN di Mentawai Belum Berbasis Komputer Siswa kelas 3 SMA N 1 Pagai Utara Selatan di Sikakap sedang melaksanakan Ujian Nasional, Selasa (5/04/2016). (Foto: Supri Lindra)

SIKAKAP—Keterbatasan sinyal internet membuat sekolah di Mentawai belum bisa memanfaatkan teknologi ini dalam sistem belajar mengajar termasuk dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Mentawai Qamaisir mengatakan, sekolah di Mentawai belum memungkinkan menggunakan Computer Based Tes (CBT) dalam pelaksanaan UN tahun ini karena sinyal internet tidak bagus.

Pelaksanaan UN tahun ini menggunakan dua sistem, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dimana setiap siswa menggunakan komputer sebagai media untuk menjawab soal UNl.

"Sistem UNBK ini banyak dilaksanakan sekolah-sekolah di perkotaan," kata Qamaisir.

Sementara Ujian Nasional manual dimana siswa masih menggunakan kertas untuk membaca dan menjawab soal seperti yang biasa dilakukan tahun sebelumnya.

Sebanyak 934 siswa tingkat SLTA di Mentawai melaksanakan Ujian Nasional mulai hari ini, Senin, 4 April hingga 7 April 2016. Mereka berasal dari 7 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta termasuk MAS.

(Supri Lindra)

934-siswa-slta-di-mentawai-ikuti-un

BACA JUGA